Petinggi Korea Jadi Penonton Festival Usungan di Subang

SUBANG - Bupati Subang H. Ruhimat, S.Pd., M.Si menghadiri kegiatan Festival Seni Usungan Satatar Sunda Tahun 2019 dengan didampingi Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi, Pj. Sekda Kab. Subang Drs. H. Aminudin, M.Si, di alun-alun Kabupaten Subang. Kamis (04/04/2019).
Kehadiran pihak lainnya ialah Forkopimda/yang mewakili, Sekretaris Dinas Pendidikan Kab. Subang Dedi Supriadi, M.Si, Walikota Korea Selatan Lee Gang Chang, Ketua DPRD Korea Selatan, Baek Seong Cheong, Para pejabat di lingkup pemerintah kab. Subang, Para pejabat dari Korea Selatan, Insan pers beserta tamu undangan lainnya
Dalam sambutannya Bupati Subang menyampaikan bahwa kita patut mensyukuri anugerah potensi sumber daya alam, sumber daya manusia dan sumber daya kultural yang merupakan produk kebudayaan masyarakat Kab. Subang yang sudah selayaknya menjadi kebanggan kita bersama, dan selayaknya juga untuk kita apresiasi bersama.
Dengan semangat gotong royong sebagai cerminan sikap dan tindak masyarakat Subang. "Saya mengajak kepada seluruh pihak untuk merekatkan tali persaudaraan yang dilandasi cerminan nilai-nilai luhur yaitu dengan mewujudkan sikap silih asah, silih asih, silih asuh, sebagai produk kebudayaan yang merupakan bagian yang harus dilestarikan dan dikembangkan keberadaannya," ujarnya.
Kemudian kata Bupati Sisingaan merupakan barometer ciri khas mandiri produk kebudayaan masyarakat Subang. "Tentunya merupakan bagian yang harus dilestarikan keberadaannya, Sisingaan memberikan simbolisasi kebersamaan yang mengusung identitas dan karakterisasi masyarakat Subang, proses mewujudkannya tentulah mengalami proses panjang dengan melewati berbagai tantangan dan pengaruh perubahan," imbuhnya. 
Implementasi dari undang-undang nomor 25 tahun 2017 tentang kemajuan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang menuangkan esensi pembangunan kebudayaan daerah melalui pokok-pokok pikiran kebudayaan daerah Kabupaten Subang dengan menetapkan strategi kebudayaan yaitu kunjungan ke museum dan BCB sebagai sumber belajar, apresiasi kesenian untuk melatih kecerdasan emosional, aktualisasi nilai nilai tradisi untuk mengembangkan nilai nilai kearifan lokal, rebo budaya (penggunaan bahasa ibu dan pakaian tradisional pada Hari Rabu).
Kegiatan Festival Seni Usungan Satatar Sunda Tahun 2019 selain diikuti oleh tim kesenian dari Kabupaten Subang juga diikuti dari berbagai daerah seperti seni ondel-ondel (DKI Jakarta), seni reak (Kab. Bandung), seni ulin barong sakeloa (Kota Bandung), Kakalaongan (Kota Banjar), seni Langir Badong (Kota Bogor), seni munding dongkol (Kota Cimahi) dan seni bebegig (Kab. Cimahi).
Share on Google Plus