Calon BIdan pun Perlu Info Pemilu

SUBANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Subang Jawa Barat melakukan sosialisasi dengan target kepada Pemilih Pemula untuk Pemilu Tahun 2019. Kegiatan dilaksanakan di Aula Kampus Akademi Kebidanan (Akbid) Bhakti Nugraha Subang, Selasa (2/4/2019).
Sambutan pihak Akbid Bhakti Nugraha yang diwakili oleh Pembantu Direktur (Pudir) III Bidang Kemahasiswaan, Siti Rohmah, S.ST menyampaikan rasa terima kasihnya kepada KPU Kabupaten Subang yang telah mempercayakan kampusnya sebagai salah satu target untuk Pemilih Pemula. Terutama mahasiswa tingkat awal antara semester I – IV adalah para pemilih pemula yang memerlukan informasi mengenai ke-Pemilu-an. Baik tentang pengertiannya maupun pelaksanaannya. Apalagi merupakan Pemilu Tahun 2019 merupakan Pemilu serentak Pertama yang dilaksanakan untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD RI, DPR Provinsi dan DPR Kabupaten/Kota. Dengan Kartu suara yang dipergunakan berjumlah 5 buah untuk setiap pemilihnya.
Oleh karena itu kapada para mahasiswa yang hadir supaya memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik mungkin untuk mendapatkan informasi pelaksanaan pemilu tahun 2019. Sehingga untuk pemilih pemula memerlukan informasi yang cukup supaya bisa melaksanakan hak pilihnya dengan benar.
Dalam pemaparannya Komisioner Divisi Sosialisasi KPU Kab Subang, Hari Nazarudin menyampaikan tentang pentingnya Pemilu untuk keberlangsungan negara. "Pemilu adalah proses rakyat untuk memilih pemimpin (Bupati/Walikota, Gubernur dan Presiden) dan wakilnya di parlemen yang dilaksanakan dengan azas Langsung, Umum Bebas dan Rahasia (LUBER) dan Jujur dan Adil (JURDIL) ," ujarnya.
Lalu disampaikan mengenai penyelenggara yang terdiri dari KPU, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).
Pada kesempatan itu Salah seorang peserta sosialisasi, Putri mengatakan sangat terbantu dengan adanya sosilalisasi oleh KPU Kabupaten Subang. Terutama mengenai jumlah surat suara yang 5 buah. "Sekarang surat suaranya 5, ya. Saya jadi tahu. Kalau gak ada acara (sosialisasi) ini mungkin bingung menggunakan hak pilih saya," ujar mahasiswi semester IV ini.
Ketika ditanya pilihannya, Putri menjawab dia sudah ada calon yang cocok dengan pilihannya. "Siap dipilih nanti di TPS. Untuk siapanya itu rahasia, ya," katanya sambil tersenyum manis.
Kegiatan Sosialisasi diikuti oleh lebih dari seratus mahasiswa dan civitas akademika Akbid Bhakti Nugraha. (Satriya/TW/KPU)