Yoyo: "Kami Akan Menghadap Bupati Subang"

SUBANG – Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Subang, Yoyo Kustriyo mengaku tidak tahu-menahu mengenai berlangsungnya Musyawarah Olahraga Kabupaten Luar Biasa (Musorkablub) Subang. "Kita (akan) menghadap Bupati Subang pada Senin (25/3/2019) untuk meluruskan persoalan yang sebenarnya sehingga tidak terjadi simpang-siur (persoalannya)," ujarnya kepada awak media dalam Jumpa Pers di Cafe Borneo Subang, Jum'at (22/3/2019).
Kata dia persoalannya adalah mekanisme musyawarah ini diluruskan supaya benar. "Persoalannya bukan mau dan tidak mau jadi Ketua KONI tapi kita luruskan tuh soalnya secara mekanismenya biar benarlah," imbuhnya.
Yoyo menganggap persoalan ini sebagai sebuah dinamika organisasi yang harus disikapi dengan arif dan bijaksana. "Kami menganggap ini sebuah dinamika yang harus kita sikapi secara arif bijak dan kita selesaikan persoalan besar organisasi termasuk dalam konteks administrasi," tuturnya.
Dia menganggap bahwa kewenangan penyelenggaraan musyawarah luar biasa olahraga ada di KONI Jawa Barat. "Kalau pun ada apa-apa, tentunya yang berwenang adalah yang mengeluarkan SK adalah (KONI) Jawa Barat. Tanggapan kita sementara ini bisa dikatakan kita tidak tahu apa-apa. Kalau memang rapatnya KONI, yang temen-temen semua cabor juga harus dihadirkan. Nanti kita coba ini diverifikasi secara mekanisme organisasi. Harus kita luruskan," tuturnya lagi.
Yoyo sangat menyayangkan pelaksanaan Musorkablub karena tanpa melalui mekanisme aturan organisasi. "Organisasi itu 'kan ada aturan main yang berlaku sesuai anggaran dasar/(anggaran)rumah tangga. Kalau itu tidak dipenuhi itu apa artinya?" ujarnya dengan nada masygul.
Maka dari itu  nanti akan menemui Bupati Subang dengan harapan ada solusi terbaik. "Bagaimana baiknya? Ini 'kan karena kita memang belum memberikan penjelasan apa-apa tentang musyawarah di KONI Subang. Sementara 'kan (penyelenggaraan musyawarah) ada mekanismenya. Nanti kita coba luruskan antara pemerintah (Subang) dengan KONI Jawa Barat," bebernya.
Nanti kata Yoyo akan dilakukan komunikasi dengan berbagai pihak untuk mencapai mufakat termasuk komunikasi dengan KONI Jawa Barat. "Informasi dari KONI Jawa Barat pun tidak tahu-menahu," katanya lagi.
Tanggapan ini terkait dengan dilaksanakannya Musorkablub yang berlangsung di Ruang Rapat Bupati Subang.