Sosialisasi Pemilu di Subang, Ternyata Diluar Dugaan

SUBANG – Dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilihan Umum tahun 2019, Tim Relawan Demokrasi (Relasi) basis Komunitas melaksanakan Sosialisasi Pemilih kepada sejumlah komunitas di daerah Pemilihan (Dapil) 7 yang dipusatkan di Stadion Lodaya Tambakdahan, Kamis (28/2/2019).
Bertindak sebagai narasumber Komisioner Divisi Hukum KPU Kabupaten Subang, Ratih Pujiawati menjelaskan bahwa dalam Pemilu tahun 2019 akan diberikan 5 buah surat suara ditandai warna strip berbeda untuk Pemilihan Presiden dan wakil Presiden warna strip abu-abu, DPR RI warna strip kuning, DPD RI warna strip merah, DPR Provinsi warna strip biru dan DPR Kabupaten/Kota warna strip hijau.
Kemudian Ratih menerangkan tata cara memilih yang benar dengan tujuan supaya suara yang diberikan pemilih menjadi sah. Selanjutnya mengingatkan masyarakat supaya pandai mengenali para calon yang akan dipilih. "Termasuk menyaring informasi tentang calon maupun informasi lainnya supaya tidak terjebak HOAX," ujarnya.
Usai memaparkan tentang pemilu Ratih menyatakan ternyata pengetahuan warga yang hadir cukup memahami tentang Pemilu. merasa puas melihat masyarakat sudah memahami pemilu dan minimnya masalah. Menurutnya dikarenakan kerja penyelenggara Pemilu baik di kecamatan maupun desa yang baik. Mengenai permasalahan seperti pendataan dan kepindahan pemilih telah diselesaikan dengan baik.
Ketua Relasi basis komunitas, Teddy Widara berharap masyarakat memanfaatkan pertemuan ini dengan sebaik-baiknya. Supaya dalam pelaksanaan Pemilu nanti bisa diikuti dengan benar dengan tingkat partisipasi pemilih yang tinggi.
Sementara itu sambutan yang disampaikan oleh Ketua PPS Desa Mariuk itu Bapak Ason dirinya menyebutkan berterima kasih kepada Tim Relasi dan KPU Kabupaten Subang karena telah hadir memberikan pencerahan kepada warga desa Mariuk dan Tambakdahan sehingga bisa memahami proses Pemilu dengan baik.
Kegiatan sosialisasi diikuti sekitar 100-an peserta yang terdiri dari anggota PPK, PPS, komunitas motor, komunitas seniman, warga masyarakat yang datang dari Dapil 7 yaitu Kecamatan Purwodadi, Cikaum, Binong dan Tambakdahan.
Tema yang diambil dalam kegiatan sosialisasi ialah "Meningkatkan Pemilih Komunitas dalam Berdemokrasi pada Pemilu tahun 2019".
Share on Google Plus