Pemkab Subang, BI dan IPB Teken MoU Pengembangan Sapi Potong

SUBANG – Komoditas sapi potong merupakan komoditas yang strategis. Dikatakan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI), Pribadi Santoso Kabupaten Subang memiliki potensi yang cukup besar. "Namun sayangnya peternakan sapi potong di Kabupaten Subang belum berkembang tetapi mempunyai potensi yang cukup besar untuk itu kami menggandeng IPB untuk bekerjasama dalam  Program Pengembangan Klaster Sapi Potong," ujarnya usai penandatanganan Memorandum of Understanding (Mou) antara Pemkab Subang, IPB dan BI di Kantor Dinas Peternakan Kabupaten Subang, Rabu (6/3/2019).
Dalam kesempatan tersebut dilaksanakan  Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang dan Institut Pertanian Bogor tentang Program Pengembangan Klaster Sapi Potong di Kabupaten Subang dengan nomor berita acara no : 21/47/Bd/P/B/2019 dan no : 580/KB.13-Disnakeswan/2019 dan no : 016/IT3/HK.01/2019 oleh pihak kesatu Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat Doni Primanto Joewono dengan pihak kedua Bupati Subang H. Ruhimat, S.Pd., M.Si serta pihak ketiga Rektor Institut Pertanian Bogor, Dr. Arif Satria, SP., M.Si. Dan dilaksanan MoU kerjasama penggemukan sapi potong antara PT. Caturmawa Mitra Tani dengan SPR Cinagarabogo disaksikan oleh Bupati dan Wakil Bupati Subang yang selanjutnya penyerahan cinderamata dari Bupati Subang kepada perwakilan Bank Indonesia dan Institut Pertanian Bogor (IPB).
Kata dia beberapa faktor yang mempengaruhi harga dipasaran diantaranya ialah produksinya, konsumsinya, distribusi serta komunikasi.
Pada kegiatan tersebut dilakukan penyerahan bantuan peternakan hewan dari Kementrian Pertanian berupa ternak domba sebanyak 22 ekor betina 3 ekor jantan, ternak ayam program bekerja (bedah kemiskinan rakyat sejahtera), bantuan dari DKPP Provinsi Jawa Barat 1 unit mesin pelet, 1 unit mesin tetas otomatis digital caliper, timbangan telur digital timbang portable digital, bantuan APBD musrembang Kabupaten Subang, ternak sapi potong untuk 3 kelompok dengan total 11 ekor sapi betina, ternak kerbau untuk 1 kelompok sebanyak 5 ekor kerbau, ternak domba priangan untuk 14 kelompok dengan total 265 ekor domba priangan betina dan 13 ekor domba priangan jantan, ternak domba unggul untuk 6 kelompok dengan masing masing 8 ekor domba betina. (Satriya)