Technology

3/Technology/post-list

PANI Desak Pemkab Subang Buktikan ASN-nya Bebas Narkoba

SUBANG – Masalah narkoba itu sudah masalah nasional. Dikatakan Direktur Pegiat Anti Narkoba Indonesia (PANI), Dedi Ginanjar kalau dibiarkan akan menjadi bencana nasional. "Kita sepakat bahwa ini (masalah nasrkoba) kalau dibiarkan bisa jadi bencana nasional sehingga penanganannya pun harus bersama-sama," ujarnya kepada awak media di Subang, Jum'at (8/3/2019).
Ketika ditanya mengenai maraknya kabar dugaan pemakaian narkoba oleh anggota legislatif dan Aparat Sipil Negara (ASN), Dedi mendesak Pemkab Subang untuk membuktikan bahwa ASN-nya bebas narkoba. "Termasuk legislator dan birokrat terutama. Untuk mendorong memberikan contoh dengan semua ASN untuk bisa dibuktikan melalui tes urin secara periodik," katanya.
Upaya ini lanjut Dedi untuk menjawab keraguan masyarakat supaya masyarakat berani waspada dengan narkoba. "Tentu itu harus dicontoh dulu dengan aparat baik itu legislasi maupun birokrasi," ujarnya menegaskan.
Dia menyadari benar bahwa peredaran narkoba sudah demikian masif sehingga menyulitkan untuk memantaunya. "Kalau melihat dengan mata kasar memang nampak dan peredaran narkoba itu sudah sangat masif. Sehingga sulit sekali dipantau. Jangankan oleh PANI, aparat pun saya kira sulit membantu sampai sejauh mana peredaran yang sangat masif ini ada di masyarakat termasuk dikalangan ASN," bebernya.
Untuk di Subang tentu sebagai Kepala Daerah, Bupati Subang harus ada keberanian untuk membuktikan bahwa Subang Bebas Narkoba. Secara langsung harus berani membuktikan bahwa birokrasi di Subang sehat tanpa narkoba. Ini harus bisa dibuktikan bahwa Subang bersih narkoba "Bagaimana bisa menentukan kinerja yang baik tanpa narkoba," imbuhnya.
Untuk pemeriksaannya kata Dedi, Pemkab Subang bisa bermitra dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) supaya lebih netral. "Kalau bisa tidak dilakukan oleh aparat yang ada di Subang tetapi oleh BNN karena sudah lengkap ada laboratoriumnya. Ada tenaga yang khusus menangani sehingga komprehensif," ujarnya.
Ketika ditanya mengenai penanganannya bila ada yang terbukti menggunakan narkoba, kata dia bergantung hasilnya. "Tentu (kita) akan mendorong ditangani serius apakah dia sudah masuk dalam kategori apa. Kalau sudah masuk stadium (berat) itu khawatir memang harus diproses secara hukum. Meskipun Nanti pada akhirnya harus juga direhab baik namanya maupun fisiknya," pungkasnya. (Satriya)
Share:

Arsip Blog

Definition List

Unordered List

Support