Bunda Literasi Jabar Sarling di Subang, Ngapain Saja?

SUBANG – Bunda Literasi Provinsi Jawa Barat, Atalia Praratya Kamil melakukan Siaran Keliling (Sarling) di Kabupaten Subang, Kamis (21/03/19).
Kegiatan Sarling Bunda Cinta sapaan akrab untuk istri Gubernur Jawa Barat Atalia Praratya Kamil didampingi oleh istri Bupati Subang, Hj. Yoyoh Sopiah Ruhimat yang juga Bunda Literasi Kabupaten Subang.
Lokasi pertama yang dikunjungi adalah Posyandu dan Kober Hidayatuddin di Desa Belendung Kecamatan Cibogo, Kabupaten Subang dengan menyaksikan kontroling penimbangan bayi dan menyerahkan alat penimbangan balita dacin, Tanda Sayang Bunda Cinta dari Ketua TP PKK Provinsi Jawa Barat kepada Ketua TP PKK Kabupaten Subang.  
Hj. Yoyoh Ruhimat menjelaskan bahwa jumlah PAUD di Subang ada 1.058 lembaga yang terdiri dari PAUD formal dan non formal. "Dengan modal banyaknya lembaga dan peserta didik tersebut menjadikan kami selalu berkoordinasi dan komunikasi kepada pemerintah daerah maupun pusat sehingga selalu berkomitmen untuk menjadikan PAUD bisa berjalan dengan sukses dan lancar," ujarnya.
Selanjutnya dikatakan bahwa Bunda PAUD atau Bunda Literasi harus menjadi lokomotif untuk mendorong segenap elemen masyarakat melakukan proaktif komunikasi. "Tidak segan-segan untuk berdiskusi dengan semua kelompok baik di Kecamatan, desa maupun kelurahan masing-masing yang memiliki potensi untuk mengembangkan pendidikan pendidikan anak usia dini yang berkarakter," imbuhnya.
Atalia Praratya Kamil dalam sambutannya menyatakan pentingnya membaca dan menyukai buku sejak kecil. "Anak yang suka membaca buku harus menjadi kebiasaan yang harus didukung dari lingkungan rumah terutama orang tua," katanya.
Karena lanjut dia kebiasaan membaca akan mendukung pertumbuhan otak anak untuk mendukung peningkatan kepintaran anak. "Salah satunya dengan memberikan konsumsi ikan," katanya lagi.
Kemudian kegiatan Sarling Bunda PAUD dan Bunda Literasi Jabar di Kabupaten Subang, Atalia melanjutkan dengan mengunjungi SMKN 2 Subang untuk memberikan motivasi kepada para siswa siswi  taruna/i.
Selanjutnya kunjungan dilanjutkan dengan peninjauan Kotak Literasi Cerdas (Kolecer) di Masjid Agung Al-Musabaqoh Subang.
Kegiatan Kunjungan Sarling terakhir di Subang, Atalia Kamil mengunjungi perkebunan buah naga di Kecamatan Cijambe. (Humas)