Technology

3/Technology/post-list

423 PTPS Kecamatan Subang Dilantik, Inilah Tugasnya

SUBANG – Sebanyak 423 orang Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) dilantik untuk melaksanakan pengawasan selama proses pemungutan suara di TPS.
Jumlah tersebut sesuai jumlah TPS yang ada di Subang dari 4.690 TPS yang tersebar di seluruh wilayah Subang. Dikatakan Ketua Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Subang, Jajat Darmatika tugas PTPS meliputi tahapan yang dilaksanakan oleh petugas TPS mulai dari pengangkatan sumpah janji dan penghitungan surat suara dan  menghitung jumlah surat suara yang diterima. "Kemudian di lingkungan TPS selama berlangsung pemungutan suara ada 3 (aspek) yang diwasi, yaitu penyelenggara atau petugas TPS dari kemungkinan intervensi luar. "Negara  perlu mengawasi karena penyelenggara juga tidak menutup kemungkinan ada yang masuk ke situ atau mempengaruhi atau ada salah satu (pihak) yang membuat suasana pemungutan suara terganggu," ujarnya kepada Reporter Jabar usai pelantikan di Gedung Sanggar Kegiatan Bersama (SKB) Subang, 25/3/2019).
Kedua, lanjut dia ialah mengawasi kepada saksi-saksi apabila menggunakan atribut bernada kampanye partai atau atribut capres dan cawapres. "Kita awasi apabila ada saksi di TPS yang menggunakan atribut-atribut atau bahkan bahan kampanye berbentuk pakaian atau apapun itu tidak boleh (ada di lingkungan TPS). Jadi kalau ditemukan nanti ditegur oleh pengawas TPS. Salah satu tugasnya itu dan akan mencopotnya," ujarnya.
Kemudian yang ketiga kata dia ialah lingkungan warga masyarakat yang akan menggunakan hak pilihnya. "Apabila melihat warga masyarakat yang menggunakan hak pilihnya itu menggunakan salah satu bahan kampanye atau seperti kaos atau bross (bernada kampanye) itu wajib diganti dulu kaosnya untuk menggunakan pakaian bebas," katanya lagi.
Itu kita lakukan dengan persuasif atau cara teguran baik-baik. Petugas bisa menggunakan alat komunikasi anddroid sebagai pendukung dokumentasi visual. "Itulah maka petugas Pengawas TPS perlu bisa mengoperasikan perangkat (android)," jelasnya.
Kegiatan kemudian dilanjutkan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada PTPS yang telah dilantik.
Share:

Arsip Blog

Definition List

Unordered List

Support