Begini Cara Pengurusan Form A5 untuk Pemilu 2019

SUBANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Subang berupaya melakukan sosialisasi dan penelusuran kepada lokasi yang dinamika keluar-masuk penduduknya cukup tinggi. Hal ini kata Komisioner Divisi Data, Abdul Muhyi untuk memberikan layanan formulir A5 bagi yang akan memilih di luar domisilinya.
"Kita (KPU) sekarang tengah melakukan roadshow ke lokasi-lokasi seperti rumah sakit, instalasi militer, dan sekolah atau lembaga pendidikan untuk memberikan penjelasan layanan formulir A5," jelasnya ditengah acara Media Gathering, Rabu (20/2/2019). 
Karena bagi yang pindah lokasi memilih pengurusan form A5 harus selesai 30 hari sebelum waktu pemilihan. "Untuk Pemilu 2019 sekarang ‎pun berbeda dengan Pemilu 2014 disesuaikan antara dapil lokasi pemilihan dengan data kependudukan pemilih. Misalnya kalau lintas provinsi maka hanya akan mendapatkan kartu pilihan Presiden dan Wakil Presiden saja," jelasnya.
Upaya ini dilakukan, kata Muhyi untuk meningkatkan pelayanan kepada warga pemilih dalam memperoleh hak pilihnya pada Pemilu Serentak tahun 2019 nanti,
Lalu mengenai persyaratan dalam pelayanan formulir A5, lanjut dia pemilih cukup membawa KTP elektronik ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) atau ke kantor KPU Subang daerah tempat memilih. "Nanti akan diverifikasi terlebih dahulu apabila sudah terdaftar maka akan diberikan formulir A5 yang akan dibawa ke TPS pada saat pemilihan nanti," bebernya.
Sementara itu mengenai logistik pemilu 2019, KPU Kabupaten Subang telah menerima surat suara untuk DPR RI, DPRD Provinsi dan Presiden dan Wakil Presiden. "Sedangkan yang dua jenis lagi DPD tanggal 22 Februari perkiraan sampai tanggal 23 Februari," katanya.
Lalu bila surat suara telah lengkap akan dilakukan pelipatan dengan mengambil di 4 lokasi. "Kita juga telah membuka pendaftaran untuk tenaga pelipat surat suara nanti dengan persyaratan diantaranya tidak buta warna," katanya.