TNI Bersama Pemkab Subang Latih Kemapuan Survival



SUBANG – Dalam rangka memberikan bekal pengetahuan sekaligus praktek bagaimana bertahan hidup saat menghadapi sebuah kondisi darurat, Lanud Suryadarma Kalijati menyelenggarakan kegiatan Latihan Survival Dasar Surya Sakti 2019 di Lanud Suryadarma Kalijati Subang, Selasa (19/2/19).
Latihan Survival Dasar Surya Sakti 2019 diikuti unsur TNI, anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Satuan polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan para pelajar SMK Angkasa Kalijati.
Bertindak sebagai Inspektur upacara, Danlanud Suryadarma Kalijati Marsma TNI T. Sembiring Meliala dalam sambutannya memaparkan bahwa latihan Survival Dasar Surya Sakti akan diajarkan dan dipraktekan kepada peserta sekurangnya 9 keterampilan bagaimana cara bertahan hidup dalam kondisi darurat yang sulit, baik di darat, hutan maupun air.
Survival dasar akan diawali dengan ground school untuk memperdalam teori di lanjutkan dengan praktek lapangan yang diajarkan khususnya tentang SERE (Survival, Evasion, Resistance and Escape) dengan dibekali kemampuan kompas siang dan malam, membaca peta, zoology dan botani, rappelling, kerjasama dengan pesawat terbang (evakuasi medis udara serta hoist) dan cara bertahan hidup di air.
Hal tersebut merupakan perwujudan kemanunggalan TNI-Rakyat dan Pemerintah daerah untuk saling belajar dan berlatih serta bahu membahu meningkatkan berbagai ilmu pengetahuan dan keterampilan.
Latihan Survival Dasar Surya Sakti bertujuan untuk menyegarkan dan melatih kembali kemampuan awak pesawat dalam melaksanakn dan mempraktekan teori dasar SERE.
Hadir pada kegiatan tersebut Bupati Subang H. Ruhimat, S.Pd., M.Si sekaligus menerima wing kehormatan dari Danlanud Suryadarma Kalijati.
Hadir pula pada kegiatan tersebut Kasatpol PP Kabupaten Subang dan Kepala BPBD Kabupaten Subang. (Satriya/Ist)