Status Tabloid "Indonesia Barokah" Sudah Jelas

SUBANG - Mengenai Tabloid Indonesia Barokah pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Subang telah mendapatkan laporan temuan lebih dari 1900 eksemplar. "Menurut Laporan Kantor Pos lebih dari 1900 eksemplar (Tabloid Indonesia Barokah) yang masuk Subang. Itu telah diamankan," ujar Ketua Bawaslu Kab Subang, Parrahutan Harahap kepada Reporter Jabar (Grup Indowarta Ekspress) melalui saluran telepon, Sabtu (2/2/2019).

Sedang yang terlanjur didistribusikan, kata dia sudah diamankan oleh Panwas Kecamatan. "Selanjutnya setelah ada temuan langsung dilaporkan ke Bawaslu Jabar. Kemudian dari Dewan Pers sudah menyatakan secara tegas itu bukan produk Jurnalistik. Karena ketika ditelusuri alamatnya tidak jelas," tuturnya.
Namun secara isi di dalamnya tidak ada unsur kampanye. "Kan sekarang konteksnya kampanye. Jadi kami lihat apakah ada unsur kampanyenya tidak. Ternyata tidak ada unsur kampanye," jelasnya lagi.

Sedangkan untuk konteks hukumnya kata dia telah menyerahkannya kepada Kepoilisan. "Apakah ada unsur pidananya atau tidak," katanya.