PJT II Didesak Berikan Penjelasan Pengelolaan Situ

(Ilustrasi Situ di Subang/Foto:Peraknew)

SUBANG – Kondisi beberapa situ di wilayah Kabupaten Subang mengundang keprihatinan masyarakat. Salah satunya dikatakan oleh warga Jabong, Adih Rohendi yang juga aktifis Forum Masyarakat Peduli (FMP) menyebutkan adanya dugaan jual-beli di Situ Jabong. "Saya minta ini diperhatikan oleh PJT II Subang sebagai stakeholder terkait, supaya segera memperhatikan masalah ini,” ujarnya kepada Reporter Jabar, Selasa (19/2019).
Kemudian masalah juga terjadi di Situ Cikalong dan Situ Saradan sudah diperbaiki dan anggaran perawatan diserahkan dan dikelola oleh Perum Jasa Tirta (PJT) Citarum II Subang. 
Lalu dia menyayangkan pihak PJT II saat mau dkonfirmasi awak media tidak bisa ditemui dengan ketatnya penjagaan dari pihak security yang tidak memperbolehkan masuk ke dalam kantor PJT II. "Padahal masalah sangat perlu mendapat penjelasan dari pihak pejabat PJT‎ II," imbuhnya.
Sehingga lanjut dia rumor yang beredar di lapangan bisa dijawab dengan tindakan nyata dari pihak terkait. “Apalagi ini menyangkut penggunaan anggaran pemeliharaannya ‘kan dikelola oleh PJT II. Jangan sampai rumor ini melebar menjadi adanya dugaan korupsi di kantor tersebut,” bebernya.
Terlebih fungsi situ-situ dan embung di wilayah Subang memiliki fungsi untuk menjaga ketersediaan air di musim kemarau maupun sebagai penyangga dari banjir ketika musim hujan.
Maka dari itu pihaknya akan berusaha meminta penjelasan kepada PJT mengenai masalah ini. “Supaya menjadi jelas dalam pengelolaan situ yang menjadi kepentingan masyarakat luas dan lingkungan hidup,” pungkasnya. (Satriya)