Indung Budak Siap Majukan Budaya, Pemuda dan Olahraga Subang

SUBANG - Kekayaan Budaya di Kabupaten Subang menjadi salah satu keunggulan yang jarang dimiliki daerah lain di Jawa Barat. Oleh karena itu keberadaannya perlu mendapat perhatian yang proporsional dan penanganan profesional. "Sehingga bisa memberikan peran secara ekonomi maupun penguatan dalam karakter," ujar Calon Anggota Legislatif (Caleg) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Subang, Noviyanti Maulani atau yang akrab dengan julukan "Indung Budak".

Oleh karena itu. dirinya bertekad memajukan kebudayaan di Subang. Karena saya menginginkan prestasi Subang di bidanng budaya lebih maju. "Terutama kesenian. Potensinya cukup besar . Bahkan masih banyak yang terpelihara keasliannya," ungkapnya.

Sebagai Permaisuri Lembaga Adat Kerajaan (LAK) Galuh Pakuan dirinya merasa memiliki tanggung jawab bersama pihak-pihak lainnya untuk membuat Subang menjadi kondusif dalam memajukan kebudayaan.
Selama ini sinergi tersebut te‎lah dilakukan LAK Galuh Pakuan dengan berupaya memajukan bidang lain. "Misalnya memajukan potensi kekayaan pertanian di Subang melalui hubungan dengan negara Asia dan Eropa dalam perdagangan langsungn berbasis budaya Januari kemarin kita sudah menandatanganinya dengan 2 negara yang akan disusul oleh negara Eropa lainnya," tutur Caleg di Dapil 1 (Subang, Cibogo dan Cijambe) ini.

Kemudian lanjut Novi Kaitannya dengan budaya ialah pendidikan dan olahraga untuk membangun karakter pemuda yang handal. "Karena kemajuan suatu bangsa erat kaitannya dengan kualitas pemudanya yang memiliki kekuatan baik fisik maupun mental," tegasnya.

Lagi-lagi sambung dia potensi olahraga dan pemuda Subang sangat besar. Karena sudah banyak pemuda Subang yang telah "berbicara" dengan prestasinya ditingkat nasional . "Bahkan tingkat dunia. Dengan karyanya dunia menikmatinya. Ini harus diapresiasi dengan sungguh-sungguh," tuturnya.

Kepedulian pada olahraga dibuktikan oleh LAK Galuh Pakuan melalui pembinaan olahraga Muaythai yang berhasil menyabet Juara Indonesia Open Presiden Cup Internasional Muaythai Championship, Piala Bergilir Ketua KONI Pusat Kejurnas Muaythai Junior dan Piala Bergilir Kejuaraan Nasional Muaythai Piala Kapolri.

Sehingga kata Noviyanti bila dirinya diamanahi Rakyat Subang menjadi Anggota Legislatif berteka akan berkonsentrasi menjadi Komisi Budaya, Pemuda dan Olahraga. "Saya akan bekerja di Komisi yang menangani Budaya, Pemuda dan Olahraga dengan tidak mengabaikan Dapil-nya. Artinya dengan duduk di komisi bisa membangun budaya, pemuda dan olahraga di Subang lebih masif dengan dukungan regulasi Perda yang mendukung," bebernya.

Saat sekarang ini Noviyanti turut aktif bersama LAK Galuh Pakuan membangun Pesantren Berbasis Olahraga.‎ "Sekarang kita tengah merintis ke arah sana. Karena kita tahu potensi olahraga di Subang itu bagus ditambah dengan keberadaan pesantren yang cukup tersebar," katanya.