Bangun Gemar Membaca dengan "Kolecer"

SUBANG – Bupati Subang menyampaikan apresiasi kepada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan yang telah membantu dan memfasilitasi 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Subang melalui program peningkatan literasi. "Hal sama saya sampaikn kepada Penerbit Buku Erlangga yang telah mendukung gemar membaca dan literasi bagi masyarakat Kabupaten Subang melalui program seminar perpustakaan desa dan juga pihak pihak yang telah berkomitmen untuk berkolaborasi dalam mendukung berbagai pembangunan di Kabupaten Subang dalam upaya peningkatan dan sosialisasi budaya literasi," ujarnya dalam sambutan pada Pengukuhan Bunda Literasi, Launching Kolecer (Kotak Literasi Cerdas) dan Seminar Perpustakaan Desa menuju Subang Jawara Daya, betempat di Aula Pemda Subang, Kamis (20/02/2019).
Selanjutnya kata Bupati, dengan kolaborasi antara pemerintah Kabupaten Subang dengan kecamatan dan desa/kelurahan diharapkan dapat meningkatkan minat baca dan menulis masyarakat. "Diantaranya melalui penyelenggaraan perpustakaan kabupaten, kecamatan, desa/kelurahan, penyelenggaraan TBM disetiap komunitas masyarakat, penyelenggaraan perpustakaan keliling dan perpustakaan digital," imbuhnya..
Diharapkan kedepan kerjasama dengan  dengan dunia usaha, perguruan tinggi serta organisasi kemasyarakatan.
Dalam acara tersebut dilaksanakan pengukuhan bunda literasi kecamatan oleh bunda literasi Kabupaten Subang dan pemakaian selendang bunda literasi kecamatan serta penandatanganan berita acara bunda literasi kabupaten, pembacaan deklarasi bunda literasi, penandatanganan kesepakatan bersama tentang penyelenggaraan perpustakaan.
Kotak literasi cerdas "kolecer" akan ditempatkan di masjid Al-Musabaqoh Subang. Kolecer ini atau rak buku akan dipasang ditempat-tempat keramaian atau ruang terbuka publik lainnya untuk memudahkan masyarakat mendapatkan akses informasi serta mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Ardapus  yang telah membina perpustakaan Desa/Kelurahan melalui publikasi dan sosialisasi minat dan budaya baca, lomba cerita tingkat SD dan SLTP, perpustakaan mobil keliling, lomba referensi  buku dan penempatan sudut baca di 4 Kecamatan serta pelaksanaan pameran pada tanggal 13-17 maret 2019 bertempat di Gedung Juang Subang.
Acara tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD Subang Ir. Beni Rudiono, Musida, Kadis Perpustakaan Drs. H. Ade Mulyawadi, M.SI, Penerbit Erlangga Bp. Wawan, Pimpinan BUMD dan BUMN, Kepala OPD/yang mewakili, Camat beserta Istri, Kades, lurah dan tamu undangan.