TP PKK Adalah Mitra dalam Pembangunan

SUBANG – Ketua TP. PKK Kab Subang, Yoyoh Sopiah Ruhimat menyebutkan Gerakan PKK merupakan suatu gerakan pemberdayaan masyarakat yang tumbuh dari bawah dan pengelolaannya dari, oleh dan untuk masyarakat . "Dimana untuk mencapai program yaitu 10 Program Pokok PKK. Didalam melaksanakan kegiatan tim penggerak pkk harus selalu koordinasi dengan kepala desa selaku pembina pkk desa dan para kaur, tokoh masyarakat, BPD, LPM, Karang taruna, RT, RW, serta tokoh perempuan yang ada di desa," tuturnya saat memberikan sambutan pada Pelantikan Pengurus TP PKK di Kecamatan Purwadadi, Jum'at (18/1/2019).

Selanjutanya dia menghimbau kepada para kepala desa untuk mendukung sepenuhnya kegiatan Tim Penggerak PKK Desa baik secara moril maupun materil. "Karena tim penggerak PKK adalah mitra kerja pemerintah dalam melaksanakan pembangunan," imbuhnya.

Sedangkan kepada para Ketua Tim Penggerak PKK Desa yang baru dilantik diingatkan bahwa sebagai seorang pemimpin harus memperhatikan 8 sifat kepemimpinan yang harus dilaksanakan karena akan berhasil dalam bertugas. 8 sifat kepemimpinan tersebut  adalah: memikirkan kesejahteraan yang dipimpinnya, mampu menerima perubahan dan secepatnya menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut, mampu mengendalikan diri dari berbagai godaan, mampu membina persahabatan dengan siapa saja, ramah dan santun didalam penampilannya sehingga. menyenangkan semua orang, bertanggung jawab didalam segala hal, mempunyai komitmen dan tujuan jelas dan berani membela kebenaran.

Pelantikan TP PKK dilakukan oleh Istri Camat Oyok Sukaeti selaku TP. PKK Kec. Purwadadi kepada 9 TP. PKK Desa, yaitu Ny. Aan Sumiati dari Desa Purwadadi, Ny. Ani Sukarsih dari Purwadadi Barat, Ny. Suelen Nelany dari Desa Pasirbungur, Ny. Sukaesih dari desa Wanakerta, Koranji, Ny. Lilis Nursitiawati dari Desa Blendung, Ny. Rikanita dari Desa Panyingkiran, Ny. Siti Koriah dari Desa Pagon, dan Ny. Sunengsih dari Desa Parapatan.

Hadir sekaligus menyaksikan  Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Subang Ibu Hj. Yoyoh Sopiah Ruhimat dalam prosesi pelantikan TP PKK Kecamatan Purwadadi tersebut.

Camat Purwadadi Asep Sopandi S.Pd., MM menyampaikan bahwa  pelantikan 9 TP. PKK Kec Purwadadi didasari dengan dilantiknya pejabat baru Kepala Desa Se-Kecamatan Purwadadi. "Kegiatan ini sangat mempengaruhi jabatan kepengurusan Ketua PKK di masing masing desanya, Kepada seluruh yang sudah di lantik bisa melaksanakan amanah sebaik baiknya," ujarnya.

Dia berharap seluruh Kepala Desa kita selalu diberi keberkahan beserta ibu-ibu PKK-nya untuk memimpin di setiap desanya. Menegaskan bahwa tim TP PKK adalah mitra pemerintah dalam mendukung pembangunan Kabupaten Subang. "Dukungan ini untuk mengsingkronkan visi dan misi Kab Subang, harapkan kepala desa dan ibu PKK yang resmi di lantik bisa menjalankan amanahnya dengan baik," katanya.

Pada acara tersebut dilaksanakan penyerahan penghargaan lomba nasi tumpeng tingkat TP PKK Se Kecamatan Purwadadi Diantaranya Juara 3 TP PKK Desa Koranji, juara 2 TP PKK Desa Purwadadi, juara 1 TP. PKK Desa Panyingkiran.

Kegiatan ini di hadirin juga oleh Anggota DPRD Kab. Subang fraksi PKB, Camat Purwadadi, Ketua TP. PKK Kec Purwadadi beserta jajarannya, Danramil Purwadadi beserta ibu, Kapolsek Purwadadi beserta ibu, Ketua MUI Kec. Purwadadi, Kepala KUA Kec Purwadadi, para Kepala Desa se Kecamatan Purwadadi, para Kepala TP. PKK Desa Kecamatan Purwadadi, Ketua Karangtaruna Kec. Purwadadi,ibu ibu kader bidan Desa Kec. Purwadadi. (HMS)