Tingkatkan Potensi Desa Dengan "Smart Desa"

SUBANG – Upaya meningkatkan pelayanan kepada publik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Subang akan merilis Aplikasi Smart Desa. Dikatakan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten, Sumarna sebagaimana disampaikan Kepala Bidang E-Gov Kominfo, Komarulfalah dengan aplikasi Smart Desa nanti informasi tentang desa di Kabupaten Subang bisa diakses melalui internet.

Pihak Dinas Kominfo akan memfasilitasi dengan aplikasi Smart Desa supaya Pemerintah Desa mendayagunakan potensi desa melalui aplikasi,

"Kita fasilitasi desa-desa supaya bisa mempergunakan aplikasi (Smart Desa) ini dalam baik mempromosikan potensi desanya atau pun layanan lainnya," ujarnya.

Sebagai langkah awal pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Pemdes) Kabupaten Subang untuk kemudian diperkenalkan kepada desa supaya nanti masyarakat desa bisa menggunakannya dengan optimal.

Dalam memperkenalkan aplikasi ini dijelaskan Ahmad Widodo dan Hendi selaku narasumber aplikasi Smart Desa.

Dalam penjelasannya secara umum menyebutkan dengan Smart Desa yang akan menyediakan pelayanan publik bagi masyarakat desa. "Nanti tiap desa memiliki Web yang bisa diakses oleh masyarakat," katanya.

Setelah mendapatkan penjelasan, Kepala Dinas Pemdes Kabupaten Subang, Memet HM Warnaen sangat mengapresiasi pada upaya Kominfo dalam memfasilitasi pemerintah desa dengan teknologi informasi. "Kita sangat setuju bahkan kita dukung penuh Kominfo (dalam memfasilitasi IT)," ujarnya antusias.

Dia melihat upaya Kominfo ini bisa mendukung keberhasilan Program "Jawara"-nya Subang dan upaya mendorong keberhasilan Program "Seratus Hari Kerja Pemerintahan Jimat – Akur". "Maka dari itu ketika diperkenalkan (tentang Smart Desa), saya bawa Kepala Bidang untuk mengenal aplikasi tersebut. Kita ingin Kominfo bersama kami turun langsung ke desa-desa untuk melihat kondisi desanya bagaimana dan potensi desa apa yang bisa dikembangkan melalui aplikasi  ini," tuturnya.

Memet melihat peluang dengan Smart Desa sangat bagus dalam pelayanan publik di desa-desa. "Apalagi sekarang internet sudah marak dan menjadi keseharian masyarakat sampai ke desa-desa," pungkasnya.