SAKIP Subang Mendapat Nilai "B", Ini Standarnya

SUBANG – Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi, S.Si., MM menerina Rapor Laporan Hasil Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) untuk Kabupaten Subang dengan nilai B (Baik) yang diberikan secara langsung oleh Menteri PANRB, Syafruddin.
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyerahkan rapor hasil evaluasi SAKIP Wilayah I di The Trans Luxury Hotel Bandung, Senin (28/01/2019).
Pada penyerahan Menteri PANRB Syafruddin didampingi Deputi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian PANRB M. Yusuf Ateh.
Sebanyak 185 Pemerintah Kabupaten/Kota dan Provinsi di Wilayah I akan diberikan hasil evaluasinya serta rekomendasi perbaikan yang harus dilakukan di tahun selanjutnya. Rekomendasi tersebut ditujukan agar setiap Pemerintah Daerah mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran agar sesuai dengan sasaran yang telah ditetapkan demi kesejahteraan masyarakat.
Evaluasi SAKIP wilayah I yang dilakukan oleh Kementerian PANRB meliputi Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jawa Barat, dan Banten.
Rapor SAKIP yang diberikan oleh Kementerian PANRB bukan hanya menitikberatkan pada nilai yang diberikan. Namun juga menunjukkan bagaimana kemampuan instansi pemerintah dalam melakukan pengelolaan penggunaan anggaran dan dapat dipertanggungjawabkan demi memberikan pelayanan dan kemanfaatan bagi masyarakat.
Syafruddin mengatakan bahwa Rapor SAKIP  tidak hanya sekedar untuk memberi penilaian terhadap kinerja pemerintah daerah, tetapi juga sebagai ukuran terhadap kualitas pelayanan publik yang dilakukan pemerintah daerah.
Turut hadir sekaligus mendampingi dalam penerimaan penghargaan tersebut diantaranya Kepala BP4D Sumasna, Kepala Irda Cecep Supriati, Kabag Organisasi Iwa Kartiwa dan perangkat daerah lainnya. (Humas dan Protokol)