Puluhan Pendukung Kades Desak Pilkades Ulang

Subang – Puluhan warga Desa Jalancagak mengeruduk Kantor Bupati Subang. Mereka adalah pendukung Calon Kades Nomor 5, R Hida M Zulfikar yang menyampaikan protes atas dugaan kecurangan dalam Pilkades Jalancagak tahun 2018 lalu.
Seperti disitat wartakini.co (Grup Indowarta) menyebutkan dalam aksinya salah seorang ibu menyampaikan ingin ngobrol dengan Bupati Subang, Ruhimat. "Pak Bupati kami ingin bertemu, kami ini pendukung bapak, kami ingin ngobrol dengan Bapak," ujarnya lewat pengeras suara, Selasa pagi (8/1/2019).
Secara langsung Calon Kades Jalacagak, Hida mendesak pengusutan dugaan kecurangan Pilkades Jalancagak serta mendesak Bupati Subang menyelesaikan kekisruhan ini. "(Saya) Memohon kepada Bupati Subang untuk melaksanakan penghitungan ulang dan atau pemilihan ulang sesuai dengan peraturan Bupati Subang No. 75 Tahun 2018 tentang Tata Cara Pemilihan Kepala Desa Serentak secara murni dan konsekuen," ungkapnya.
Hida bahkan secara terang-terangan mendesak Bupati Subang H. Ruhimat mencopot dua pejabat penting dibawah kepemimpinannya apabila Panitia Pilkades Serentak Tingkat Kabupaten Subang bersikukuh mengesahkan hasil Pilkades yang banyak melanggar Peraturan Bupati. "Maka saya dan tim akan tetap menggelar unjuk rasa sampai Sdr. Memet dan Sdr. Bambang (selaku) Kadispemdes dan Asda 1, kedua pejabat yang lemah dan tidak profesional tersebut tidak dipakai lagi oleh bupati Subang, karena dapat membahayakan pembangunan Kabupaten Subang," katanya, menambahkan.
Lebih jauh puluhan massa ini mengancam akan menginap di Komplek Pemkab Subang jika tuntutannya tidak dipenuhi. "Jika tuntutan kami tidak dipenuhi kami akan mnginap disini," tegas Ipunk, Aktivis LSM Bandit yang mendukung perjuangan Hida M. Zulfikar.
Pengamanan aksi umjukrasa damai ini dilakukan aparat kepolisian dan satuan polisi Pamong Praja (Satpol PP kabupaten Subang. (WK/Ist)