Pemkab Subang Targetkan 40 Ribu Anak Peroleh KIA

SUBANG - Pemerintah Kabupaten Subang Jawa Barat menargetkan 40 ribu anak untuk mendapatkan layanan Kartu Identitas Anak (KIA). Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disduk Capil) Kabupaten Subang, Dadang Kurnianuddin, untuk langkah awal pendataan dilakukan kepada anak-anak Taman Kanak-Kanak (TK), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Sekolah Dasar (SD)
Pelayanan KIA ini kata Dadang telah menjadi bagian dari Program 100 hari Pemkab Subang yang rencana akan dirilis pada akhir Januari 2019.
"Kita akan mendata TK, PAUD dan siswa SD ‎kelas 1 sampai (kelas) 3. Itu sudah jadi program nasional akan kita coba laksanakan di Kabupaten Subang telah menjadi program tahun 2019 itu akan launching tempatnya di Kecamatan Cisalak," ujarnya kepada wartawan, Senin (21/1/2019).
Selanjutnya kata Dadang untuk mengoptimalkan pelayanan ini pihaknya akan menggandeng berbagai vendor berupa layanan bagi yang memiliki KIA. Seperti toko buku, taman bermain dan tempat hiburan anak lainnya. "Kita juga akan menggandeng berbagai vendor seperti toko buku atau tempat bermain dengan berbagai layanan diskon. Supaya nanti bisa mendorong pembuatan KIA," imbuhnya.
Sedangkan mengenai pencetakannya kata Dadang telah disiapkan alat khusus. "Karena berbeda dengan KTP elektronik untuk orang KTP elektronik," pungkasnya. (Satriya)