Bupati Subang Prihatin atas Kerusakan SDA dan Sumber AIr

SUBANG – Bupati Subang, Ruhimat menyampaikan keprihatinan atas kondisi sumber daya alam dan saluran yang bersumber dari mata air di Kabupaten Subang yang sudah terkontaminasi dengan berbagai fungsi lahan dan saluran sehingga cenderung mengancam terhadap pencemaran dan kerusakan lingkungan. "Maka dengan kegiatan gerakan peningkatan kepedulian terhadap lingkungan ini akan menjadi kekuatan bagi kita semua untuk saling menjaganya. Untuk menjaga kualitas air maka selaku mahluk yang sangat rentan melakukan pencemaran terhadap air maka kita harus sadar akan lingkungan agar tetap baik," tuturnya dalam sambutan Launching Penanaman Pohon Daerah Konservasi di Desa Cibeusi kecamatan Ciater, Kamis (3/1/2019).
Kegiatan ini merupakan salah satu Program 100 Hari Kerja Bupati dan Wakil Bupati Subang dalam melaksanakan pembangunan.
Kemudian dia mengajak supaya bersama-sama jaga lingkungan. "Agar tetap dapat kita nikmati dan demi anak cucu di hari kemudian," imbuhnya.
Desa Cibeusi kata Ruhimat menjadi salah satu wilayah daerah konservasi untuk direvitalisasi melalui penanaman pohon dan penguatan ruang terbuka hijau serta saluran air yang bebas sampah untuk menyelamatkan dari kerusakan lingkungan.
Selaku Kepala Daerah, kata Ruhimat dirinya siap memperkuat dukungan kebijakan merevitalisasi air dan lahan krisi di seluruh wilayah Subang. Dengan menumbuhkembangkan kader-kader penggiat lingkungan diseluruh desa dan kelurahan yang didukung oleh anggaran sesuai kebutuhan. "Dengan launching penanaman pohon daerah konservasi ini semoga menjadi nilai positif bagi penganugrahan adipura untuk Kabupaten Subang," imbuhnya.
Kemudian dirinya menganjurkan menanam tanaman hanjuang sebagai simbol "Berjuang". Arti dari tanaman hanjuang adalah "Hayu Urang Berjuang". Dihimbau di setiap jalan dan gang menanam hanjuang.
Pada kesempatan itu Bupati menanam hanjuang merah yang artinya keberanian. "Alangkah lebih baik bila di daerah wisata ditanami hanjuang," katanya lagi.
Dalam sambutannya Camat Ciater, Ahmad Hidayat S.Sos., M.Si menyampaikan bahwa Kecamatan Ciater termasuk destinasi wisata dia berharap peran serta kepariwisataan bisa mendukung Kabupaten Subang menjadi kabupaten yang maju, sejahtera. "Sehingga kita dapat mewujudkan 'Subang Jawara' yaitu Kabupaten Subang Jaya, Istimewa dan Sejahtera," ujarnya.
Pada kesempatan tersebut diserahkan 500 pohon produksi secara simbolis kepada Kades Cibeusi, 1 unit cator kepada Kades Curug Rendeng, Piagam Penghargaan Proklim Terbaik Tingkat Nasional kepada Kades Curugrendeng, Piagam Penghargaan Hasta Karya Juara 2 Tingkat Provinsi Jawa Barat.
Kemudian dilakukan Penandatanganan Komitmen Bersama Penyelamatan Hulu DAS Cipunagara oleh Bupati bersama Wakil Bupati Subang dilanjutkan dengan penanaman pohon di sekitar wilayah wisata Curug Ciangin.
Hadir juga dalam kegiatan tersebut Kasdim 0605 Subang, para Kepala OPD, para Camat, pimpinan BUMN/D, Tim JAVLEC, Kades se-kecamatan Ciater, para penggiat lingkungan.(HMS)