Begini Cara Pemkab Subang Lindungi TKI


SUBANG – Kabupaten Subang merupakan  salah satu kantong tenaga kerja migran Indonesia. Dikatakan Bupati Subang, Ruhimat tahun 2018 terdata sebanyak 6.816 orang warga Subang bekerja di luar negeri. "Bekerja di luar negeri merupakan salah satu jalan alternatif bagi masyarakat pencari kerja di Kabupaten Subang. Hal ini disebabkan belum sebandingnya tingkat pertumbuhan lapangan kerja dengan tingkat pertumbuhan pencari kerja," ujarnya saat memberikan sambutan pada Launching Penyerapan Tenaga Kerja Dalam Negeri dan Penempatan Pekerja Migran Indonesia Kabupaten Subang Tahun 2019,  di halaman Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Subang, Rabu (30/01/2019).

Dengan adanya Layanan Terpadu Satu Atap diharapkan dapat melayani pada penempatan dan perlindungan tenaga kerja migran Indonesia. "Dengan layanan cepat, murah dan transparan kepada masyarakat," imbuhnya.

Kemudian Bupati Subang menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Subang khususnya bagi yang berminat bekerja ke luar negeri harus  dipastikan terdaftar pada LTA-P2PMI Kabupaten Subang.

Dalam kata sambutannya Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dr. H. Kusman Yuhana Natasaputra, S.Sos., M.Si menyampaikan bahwa  launching ini  merupakan Visi dan Misi 100 Hari Program Bupati dan Wakil Bupati Subang. "Tujuan diadakannya launching Penyerapan Tenaga Kerja Dalam Negeri dan Penempatan Pekerja Migran untuk terwujudnya tata kelola yang transparan, mencegah TKI  ilegal serta mencegah traficking," katanya.

Selanjutnya Bupati Subang meresmikan layanan terpadu satu atap penempatan dan perlindungan pekerja migran Indonesia (LTSA-P2PMI) Kabupaten Subang.

Pada kesempatan tersebut Bupati Subang  didampingi Kepala Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi menyerahkan santunan kepada ahli waris pekerja migran Indonesia. Masing-masing diberikan kepada ahli waris Alm. Dadat Hidayat bin Kasminah dari desa Tambakdahan PMI Malaysia, Alm Asih binti Misja PMI Malaysia dari desa Cipeundeuy, Alm. Mimin Garmini PMI Saudi dari Tanjungsiang.

Acara tersebut dihadiri oleh Jajaran Forkopimda Kab. Subang/yang mewakili, para Kepala OPD, para Camat se-Kabupaten Subang, para direktur perusahaan se-Kabupaten Subang serta para karyawan/karyawati Dinas  Tenaga Kerja dan Transmigrasi. (Humas dan Protokol)