Normalisasi Cekdam Ranggawulung, Plt Bupati Subang: "Harus Serius"

SUBANG – Menanggapi tuntutan warga Cigadung Subang kepada pemerintah untuk normalisasi cekdam (embung) yang berada di daerah Ranggawukung, pihak pemerintah Kabupaten Subang menganggap serius. Dikatakan Plt. Bupati Subang, Ating Rusnatim hal ini sangat penting untuk dimasukkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Derah (RJPMD) Kabupaten Subang. "Itu harus diseriusi untuk dimasukan ke RPJMD," katanya melalui pesan singkat kepada Reporter Jabar, Minggu (11/11/2018).
Kata Ating diantara caranya yang perlu dilakukan dengan melakukan reboisasi, normaslisasi cekdam dan sungainya. "Dengan membenahi saluran dan bantarannya. Pintu air juga perlu ditertibkan," imbuhnya.
Itu semuanya, sambung dia harus dilakukan multi-sektor dan berjenjang. "Minimal minimal selama lima tahun kedepan," imbuhnya lagi.
Untuk itu kata Ating pihak Pemkab telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait. "Sudah. Yang saya tunjuk sebagai kordinator kepala BPBD," pungkasnya.
Tuntutan warga itu sehubungan dengan upaya antisipasi bencana banjir tahunan yang sering melanda wilayah Cigadung. Khususnya ketika musim hujan. Penyebabnya ialah dengan tidak berfungsinya cekdam akibat kurang terurus selama bertahun-tahun. Kini kondisi cekdam di 4 lokasi yang dibangun tahun 1976 - 1978 itu mengalami pendangkalan. Bahkan diantaranya ditanami oleh penggarap.
Share on Google Plus