Pemkab Subang Apresiasi Bawaslu



SUBANG – Pemerintah Kabupaten Subang mengapresiasi kepada Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) tahun lalu yang terbilang lancar dalam melaksanakan tugasnya. Oleh karena itu kata Bupati Subang, Ating Rusnatim mengajak kepada masyarakat melalui program kegiatan Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga dengan kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif. "Sebagai upaya untuk mensosialisaikan penyelenggaraan Pilkada Serentak dan Pemilu 2019," ujarnya saat memberikan sambutan pada kegiatan acara Sosialisasi Pengawas Partisipatif Dalam Pembentukan Saka Adyasta Pemilu di Kabupaten Subang Tahun 2019 yang diselenggarakam di Hotl Lotus Subang, Selasa (16/10/2018).
Kegiatan ini  juga dilaksanakan sebagai upaya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait dengan tugas-tugas pengawas Pemilu, adapun tugas pengawas pemilu diantaranya yaitu melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas pengawas pemilu pada tingkatan di bawahnya, semoga seluruh peserta yang mengikuti sosialisasi ini bisa bermanfaat dan berharap selalu untuk mengawasi dan menindak jika terjadi kecurangan dan pelanggaran yang bertentangan dengan aturan, jadi mohon kepada bapak dan ibu jika menemukan dugaan pelanggaran jangan sungkan untuk melaporkan ke Bawaslu atau ke Pengawas yang ada di tingkat Kabupaten/ Kota dan Kecamatan.
Ketua Bawaslu Kabupaten Subang Drs. H. Parahutan Harahap menyampikan dalam kegiatan pengawasan pemilu 2019 ini mari kita jaga bersama sama dan kita sukseskan pemilu 2019, berharap seluruh anggota bawaslu untuk bisa seperti ada dalam isi Dasadharma pramuka yaitu suci dalam pikiran dan perbuatan, setiap pengawas harus mempunya hati dan pikiran yang suci, salah satunya sesuai suci dalam perkataan setiap apa yang telah dikatakan itu benar, jujur serta dapat dipercaya dengan tidak menyinggung perasaan orang lain. Suci dalam perbuatan sebagai akibat dari pikiran dan perkataan yang suci.
Atas nama pribadi berharap kedepannya pengawas lebih berperan lebih penting dan akurat sesuai dengan isi dari Dasadharma pramuka, dan juga semoga bisa meminimalisir lagi dari kecurangan kecurangan yang rentan terjadi dan mengajak agar semua kalangan bisa bersama-sama memperhatikan dan mengawasi tahapan pelaksanaan kampanye, bahwa setiap pelanggaran akan di tindak oleh Bawaslu dengan berpatokan dan sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku.
Turut hadir juga Kepala OPD Kab Subang/ yang mewakili, Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Barat / yang mewakili, seluruh anggota Bawaslu Kab. Subang, seluruh penguruh anggota pramuka ranting Subang. (HMS Subang/Satriya)