OPD Kab Subang Lakukan VC. Ada Apa?

SUBANG - Selasa (23/10/2018) Pukul 09.00 WIB bertempat di aula BKPP Wilayah II Provinsi Jawa Barat dilaksanakan dialog interaktif melalui video conference (VC) dengan tema implementasi e-government melalui tata kelola command center acara ini dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Komunikasi dan informatika, Badan Pengelola Keuangan Daerah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan desa Dinas Sosial, serta Bagian Humas Se-Wilayah II Provinsi Jawa Barat
Video conference Dilakukan di Diskominfo Jawa Barat dan terhubung dengan Kabupaten Bogor, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Purwakarta dan Wilayah Priangan. Dalam Pemaparannya Kadiskominfo Jawa Barat menyampaikan bahwa sistem Satuan Kerja harus memiliki Operasional harian yang dimonitor oleh Command Center, sehingga dapat memudahkan pemberian pelayanan kepada masyarakat, tetapi pengadaan command center perlu didukung anggaran operasional yang memadai. Di era teknologi informasi ini Pemerintah mempunyai Sistem  yang mempunyai nama Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik ( SPBE) sehingga penyelenggaraan Pemerintah dapat memanfaatkan Teknologi informasi dan Komunikasi, Prinsip SPBE meliputi efektifitas, keterpaduan, kesinambungan, efisiensi dan akuntabilitas. Ruang Lingkup SPBE antara lain Tata Kelola, Manajemen, audit teknologi dan informasi, penyelenggaraan, Percepatan, Pemantauan dan evaluasi, guna mewujudkan arah SPBE yang terpadu dan berkesinambungan terdapat tahapan sebagai berikut pembagian arsitektur  SPBE, pembentukan dan penguatan Kapasitas tim koordinasi SPBE, percepatan kebijakan SPBE, evaluasi penerapan kebijakan SPBE, survei Pengguna SPBE, Portal Pelayanana Publik  yang terintegrasi, portal Pelayanan Administrasi yang terintegrasi, penyediaan jaringan pemerintah.
Pemerintah Daerah Wajib melaksanakan SPBE oleh karena itu harus melakukan koordinasi dan Konsultasi dengan kementerian / lembaga terkait, layanan administrasi pemerintahan meliputi Perencanaan dan Pembangunan, Keuangan, Kepegawaian, Kearsipan, pengawasan dan akuntabilitas kinerja dan Layanan Lain sesuai Kebutuhan. Dengan melaksanakan SPBE ini diharapkan Program Pemerintah dapat bersinergis dan terpadu secara baik. (HMS)