KPU Kab Subang Temukan Sekitar1500 Data Ganda Lintas Daerah

SUBANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Subang menemukan data ganda sekitar 1500 hak pilih. Dikatakan Komisioner Divisi Program, Data dan informasi KPU Kabupaten Subang, Suryaman hal tersebut ditemukan dalam upaya menyusun Data Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP). Kata dia data ganda tersebut meliputi data ganda antar kabupaten dan data antar provinsi.
Penyebab data ganda diperkirakan ialah ketika warga pindah tidak melakukan pendataan kepindahan secara benar. "Misalnya dia pindah dari Sukabumi (dia) tidak mengurus kepidahan di sini (Subang). Jadi di datanya di sini masih ada," jelasnya kepada Reporter Jabar saat ditemui disela-sela Kegiatan Pencermatan data Pemilih bersama PPK di Kantor KPU, Selasa (23/10/2018).
Kemudian kata dia Untuk memperbaikinya pihak KPU melakukan konfirmasi antar operator KPU untuk memastikan data yang ganda. "Kita melakukan konfirmasi dengan operator untuk memastikan apakah data di sana benar ada," ungkapnya.
Kata Suryaman DPTHP adalah upaya melindungi Hak Pilih yang dilaksanakan oleh KPU Kab Subang melalui Program Gerakan melindungi Hak Pilih (GMHP) yang berlangsung sampai 28 Oktober 2018. Mengenai perbaikan data akan dilakukan hingga pertengahan Nopember 2018 yang untuk kemudian diumumkan hasilnya.