Jaga Kesigapan Hadapi Kecelakaan, Begini yang dilakukan Polres Subang

SUBANG – Sejumlah anggota Unit Kecelakaan Satlantas Polres Subang mengadakan Pelatihan Fungsi Terpadu dan Simulasi Penanganan Kecelakaan Lalu Lintas. Dalam kegiatan ini dilaksanakan simulasi penanganan kecelakaan lalu-lintas sesuai Standard Operating Procedure (SOP) berdasarkan pedoman dan tuntunan praktis dan mudah dimengerti oleh setiap anggota Satuan Lalu-Lintas khususnya Unit Laka Lantas. Dengan ruang lingkup proses SOP penanganan kecelakaan lalu-lintas secara terpadu yang meliputi persiapan, penanganan TPTKP, dan olah TKP.
Dikatakan Kapolres Subang, AKBP Muhammad Joni yang didampingi Kasat Lalu-lintas, AKP Rendy Setia Permana simulasi ini bertujuan untuk memperoleh kesamaan persepsi pola sikap dari pola tindak dalam melaksanakan tugas. "Sehingga dapat bertindak dengan cepat, tepat, terampil, profesional dan proposional sesuai situasi dan kondisi yang dihadapi di lapangan," ujarnya ditengah kegiatan di Mapolres Subang, Selasa (2/10/2018).
Dalam simulasi tersebut dilaksanakan metode penanganan kecelakaan lalu-lintas yaitu: mendatangi TKP, menolong korban, melakukan TPTKP, mengolah TKP, mengatur arus lalu lintas, mengamankan barang bukti dan pengemudi dan melakukan penyidikan perkara.
Kata Rendy, dasar hukum kegiatan ialah Kitab Undang Hukum pidana, Undang undang No. 8 tahun 1981 tentang KUHAP, Undang undang No. 2 tahun 2002, tentang POLRI, Undang undang no. 22 tahun 2009 tentang Lalu-Lintas dan Angkutan Jalan dan Peraturan Kapolri (Perkap) No. 15 tahun 2013 tentang SOP Penanganan Kecelakaan Lalu-Lintas Terpadu.