Hadapi Pilkades Serentak, Masyarakat Sudah Dewasa

SUBANG - Kerawanan pada pemilihan Kepala Desa serentak tahun 2019 sekarang menunjukkan kondusifitas yang cukup baik. Menurut Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Subang, Nana Mulyana masyarakat sudah dewasa dalam menyikapi perbedaan pilihan. "Masyarakat sudah dewasa bisa membedakan masalah mana yang ‎bisa menimbulkan konflik atau tidak," jelasnya kepada Reporter Jabar saat ditemui di Lingkungab Setda Kabupaten Subang, Kamis (18/10/2018). 
Lalu kata dia masyarakat menginginkan lingkungannya nyaman dan berupaya menghindari konflik yang dikarenakan oleh perbedaan pilihan. "Masyarakat juga tidak menginginkan lingkungannya menjadi tidak nyaman karena pilihan yang berbeda dalam ‎Pemilihan Kepala Desa," imbuhnya.
Dia melihat konflik yang terjadi selama ini pun lebih pada tataran elit. "Bukan pada tataran grassroot sebenarnya. Itu hanya terjadi dalam tataran-tataran tertentu. Katakanlah dalam tataran di tingkat eleit-elitnya saja. Masyarakatnya mah biasa-biasa saja. Hanya elit tertentu," ungkapnya.
Kemudian kata Nana masyarakat sekarang juga sudah mengetahui tentang mekanisme penyelesaiannya. "Kalau ada hal-hal yang tidak berkenan (dalam hasil Pilkades) sekarang 'kan ada mekanismenya (untuk menyelesaikan). Mekenismenya dia bisa disengketa Pilkades itu ada mereka tinggal mengajukan saja," katanya.
Walaupun belum ada yang mengajukan sengketa, kata dia mereka sudah mengetahui mekanisme itu. "Namun yang pasti saya lihat masyarakat sudah jenuh dengan situasi konflik. Mereka ingin ada kenyamanan, mereka ingin tentram melakukan kegiatan sehari-hari," imbuhnya. Hasilnya yang lalu yang pasti hasil Pilkades itu menghasilkan Kepala Desa yang bekerja dengan baik. (Satriya)