Bersih-Bersih APK di Subang

SUBANG – Sejumlah Alat Peraga Kampanye (APK) di wilayah Kota Subang dilakukan pembersihan oleh KPU Kabupaten Subang yang didampingi Bawaslu Kabupaten Subang bersama partai politik dan pihak terkait. Dikatakan Ketua KPU Kabupaten Subang, Maman Suparman pembersihan hari ini merupakan simbolis yang kemudian akan dilanjutkan pada waktu berikutnya. Pada pembersihan APK di Wilayah Kota Subang kali ini jika ada yangdianggap melanggar maka diwajibkan partai politik untuk menertibkannya. Selanjutnya pembersihan wajib dilakukan partai politik.
"Hari ini secara simbolis kami (KPU Kab Subang) melakukan pembersihan dengan pihak Bawaslu, Sat Pol PP dan Dishub Kabupaten Subang dan partai politik melakukan pembersihan APK yang dianggap melanggar," jelasnya kepada Reporter Jabar, Rabu (17/10/2018).
Pembersihan APK diawali dengan Apel Bersama Deklarasi Bersama dalam Pemasangan APK Pemilu di Wilayah Kabupaten Subang tahun 2019 sekaligus dalam melaksanakan Gerakan Melindungi Hak Pilih atau GMHP di Kantor KPU yang dihadiri oleh KPU, Bawaslu, Partai Politik dan jajaran perwakilan Muspida Kabupaten Subang.
Pembacaan Deklrasi dilakukanoleh Perwakilan Partai Politik yaitu Raka AB. Deklarasi Pemasangan APK merupakan kesepakatan pelaksana dan peserta Pemilu baik anggota legislatif maupun partai politik dalam memasang APK sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati.
Diantaranya tanggung jawab dalam hal penempatan lokasi, perawatan APK dan ketentuan pemasangan apabila menyasar wilayah-wilayah milik pribadi atau pihak tertentu harus seijin pihak yang bersangkutan.
Deklarasi dibacakan kemudian ditandatangani oleh perwakilan 16 parpol peserta pemilu di Kabupaten Subang. (Satriya)