Begini Harapan Bupati Subang Pada Pekan CSR PT. Dahana

SUBANG – Pemerintah Kabupaten Subang berharap kepada PT. Dahana untuk memberikan prioritas kepada warga Subang dalam rekrutmen pegawai. Prioritas yang dimaksud dengan tetap memperhatikan ketetuan yang berlaku. Hal tersebut adalah Amanat Plt Bupati Subang, Ating Rusnatim sebagaimana disampaikan oleh Asisten Administrasi Pembangunan, Komir Bastaman pada Pembukaan Pekan Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Dahana.
Kata Komir misalnya dalam penilaian tes antara warga Subang dan luar Subang memiliki nilai yang sama, maka supaya warga Subang diprioritaskan. “Kalau memang tidak memenuhi syarat jangan memaksakan. Tetap harus mematuhi ketentuan. Kita juga berharap tetap mengedepankan profesionalitas," paparnya kepada wartawan disela-sela kegiatan ‎di Bale Dahana Subang Jawa Barat, Senin (15/10/2018).
Kemudian harapan Bupati Subang ini diamini oleh Direktur Keuangan dan SDM‎, Asmorohadi yang menyebutkan bahwa selama ini PT. Dahana berupaya memenuhinya bahwa banyak SDM Dahana ‎sudah merekrut warga sekitar khususnya warga Cibogo Subang.
Sedangkan untuk posisi yang sebelumnya banyak dari Tasikmalaya karena merupakan pindahan dari sana (Tasikmalaya) pertama kali buka di sana,” jelasnya.
Untuk selanjutnya kata Asmorohadi, pihak Dahana telah membuka lowongan sebagaimana telah diumumkan melalui Website.
Selanjutnya kata dia Pekan CSR DAHANA tahun ini merupakan tahun kedua, setelah sukses digelar pertama pada tahun kemarin (2017). “Ini merupakan kegiatan CSR yang sangat wajib diaplikasikan oleh DAHANA, dan selama ini kami senantiasa untuk mengoptimalkan CSR ini tepat sasaran, khususnya di wilayah Kecamatan Cibogo,” terang Asmorohadi
Kata dia kegiatan ini hanya sebagian langkah kecil PT. DAHANA untuk berbagi dengan warga masyarakat sekitar selama sepekan dalam rangka memperingati ulang tahun ke-52 PT. Dahana. “Tapi seutuhnya program-program CSR DAHANA diaplikasikan sepanjang tahun, melalui berbagai macam program dan tidak hanya di Subang saja,” katanya.
Disampaikan oleh Ketua Panitia Pekan CSR DAHANA 2018 yang juga Senior Manajer Legal dan Komunikasi, Y. Agus Setiawan, kegiatan Pekan CSR akan diisi berbagai acara dan berlangsung pada 15 - 19 Oktober 2018 di Bale Dahana, Subang.
"Ini merupakan puncak kegiatan CSR Dahana di tahun 2018.  Kami isi dengan berbagai program yang menyasar banyak segmentasi pemangku kepentingan," ungkapnya.
Telah diagendakan berbagai macam kegiatan sosial yang melibatkan masyarakat mulai dari bidang kesehatan, pendidikan, dan perbaikan sarana prasarana. Selama kegiatan ini berlangsung, ditempat yang sama juga digelar berbagai macam bazaar, seperti Bazar pendidikan, Bazar Produk Mitra Binaan, dan pameran lainnya.
Kemudian diserahkan bantuan secara simbolis kepada penerima manfaat, seperti Bantuan Pendidikan Sekolah, Sarana Ibadah, Peningkatan Kesehatan, Sarana Prasarana Publik, Bantuan Sosial Kemasyarakatan, serta bantuan Pelestarian Alam.
Mengawali kegiatan Pekan CSR, juga digelar kegiatan sosial penyuluhan kesehatan masyarakat. Kaum hawa, khususnya ibu-ibu yang berada disekitar kawasan perusahaan diundang hadir untuk mendapatkan penerangan atau penyuluhan kesehatan tentang Kanker Payudara dan Servik, sebagai upaya menginformasikan pencegahan kanker sejak dini.
Hari kedua kegiatan Pekan CSR, diisi dengan kegiatan sosial seperti donor darah, pengobatan gratis untuk 1.000 orang, vaksinasi flubio, dan sunatan massal. Ada 100 anak yang akan disunat secara massal. Dihari yang sama diselenggarakan juga kegiatan pendidikan yakni lomba-lomba kegiatan keagamaan yang diikuti oleh siswa-siswi Sekolah Dasar (SD).
Pada kegiatan lomba pendidikan agama ini, DAHANA menggaet Kelompok Kerja Guru (KKG) PAI Kecamatan Cibogo untuk melaksanakan berbagai lomba seperti, Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ), Musabaqoh Hifdzil Quran (MHQ), Cerdas Cermat PAI, Lomba Praktek Solat, Adzan dan Lomba Pidato.
Pada hari ketiga, kegiatan diisi dengan lomba mewarnai untuk anak-anak usia dini yang berada di Kecamatan Cibogo. Aksi mendongeng pun ikut menyemarakan kegiatan ini. Ditempat yang sama digelar pula lomba kegiatan agama untuk pelajar tingkat SMP dan SMA se-Kabupaten Subang.
Tidak ketinggalan, di hari yang sama, ibu-ibu majelis taklim se-Kecamatan Cibogo turut hadir meramaikan kegiatan pekan CSR dengan mengikuti lomba seni Islami, Kasidah.
Hari Kamis (18/10) kegiatan Pekan CSR digelar lomba fashion Show Busana Muslimah mulai tingkat TK, SD, SMP, SMA dan Umum, masing-masing kategori ada sekitar 25 orang yang turut serta dalam perlombaan ini.   Tidak seperti hari-hari sebelumnya, kegiatan hari keempat ini digelar sampai dengan malam hari, dilanjutkan dengan Acara Malam Apresiasi Pekan CSR DAHANA 2018, dimana para pemenang perlombaan pada kegiatan pekan CSR diumumkan dan mendapatkan penghargaan.
Seratus anak yatim sekitar perusahaan turut dihadirkan untuk ikut serta merasakan kebahagiaan, mereka pun mendapatkan santunan dari DAHANA.
Malam Apresiasi Pekan CSR menjadi lebih semarak dan meriah, hadir pada kesempatan ini Group Musik Pop Nash Indonesia yang akan menghibur undangan dan masyarakat Subang. Nash Indonesia merupakan group musik pop religi yang biasa tampil pada acara setiap pagi di stasiun TransTv pada program acara Islam Itu Indah.

Hari terakhir Pekan CSR, ditutup dengan kegiatan bersedekah Tebar 1000 paket makan siang selepas Jumatan untuk masjid-masjid yang berada di Kecamatan Cibogo. Program ini merupakan inisiasi karyawan-karyawati DAHANA yang setiap Jumat tergerak hatinya memberikan dan mengumpulkan sedekahnya untuk berbagi mencari pahala di hari penuh berkah, hari jumat. (Satriya/adv/DHN).