Ini yang Dilakukan 15 Dokter Intership di Subang


SUBANG - Dengan diberikannya amanat tugas di Subang, kata dia pelayanan dasar kesehatan masyarakat kabupaten Subang bisa lebih meningkat. 
SUBANG – Pemerintah Kabupaten Subang merasa senang setiap tahun menerima kehadiran dokter intership. Plt. Bupati Subang, Ating Rusnatim berharap kehadiran dokter internship ini datang dapat dirasakan sumbangsih tenaganya buat Kabupaten Subang. "Kita berharap kedatangan dokter intership dapat berkelanjutan," ujarnya saat menerima 15 orang dokter intership di RSUD Kabupaten Subang, Selasa (18/9/2018).
Kemudian kata Ating seluruh Dokter internship bisa nyaman dan menyesuaikan tempat di Kabupaten Subang yang mempunyai 3 cuaca yaitu cuaca panas, cuaca dingin dan cuaca sedang. "Kita berharap dokter Internsip dapat efektif dalam melaksanakan tugasnya di Kabupaten Subang, dan dapat beradaptasi dengan masyarakat tempatnya bertugas," katanya.
Hal senada dikatakan Direktur RSUD Subang dr. Eka Mulyana, yang berterima kasih tahun ini mendapat kepercayaan dari Kementerian Kesehatan untuk menerima sebanyak dokter internship dari berbagai fakultas kedokteran se-Indonesia yang akan bertugas melayani kesehatan masyarakat  selama di Kabupaten Subang.
Kata Eka, dokter internship merupakan proses pemantapan mutu profesi dokter dalam  menerapkan kompetensi selama pendidikan, secara terintegrasi, komperhensif, mandiri.
"(Dengan) menggunakan pendekatan kedokteran keluarga dalam rangka pemahiran dan penyelarasan antara hasil pendidikan dengan praktik di lapangan," ujarnya.
Program internship lanjut Eka merupakan tahap pelatihan keprofesian pra-registrasi berbasis kompetensi pelayanan primer. "Guna memahirkan kompetensi yang telah dicapai setelah memperoleh kualifikasi sebagai dokter melalui pendidikan kedokteran dasar," imbuhnya.
Di Jawa Barat ada sebanyak 40 rumah sakit dari 210 rumah sakit yang menerima tugas sebagai dokter internship salah satunya di Kabupaten Subang  termasuk untuk menerima dokter internship.
Dokter internship akan bertugas secara bergiliran sebanyak 5 orang selama 4 bulan bertugas di Puskesmas Cikaum dan 10 orang selama 8 bulan bertugas di RSUD Kab.Subang
Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Kepala komisi IV DPRD Kabupaten Subang, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kepala Puskesmas Cikaum, seluruh jajaran RSUD Kab Subang. (HMS)