Asian Games dan Pemilu, begini Kata Kapolres Subang

SUBANG – Suksesnya Penyelenggaraan Asian Games di Subang hendaknya menjadi cerminan pada penyelenggaraan kegiatan Pemilu Serentak 2019. "Kita perlu bercermin pada pelaksanaan Asian Games yang baru dilaksanakan di Subang dengan sukses. Bahkan pada olahraga kita berhasil mendapatkan medali emas," ujar Kapolres Subang, AKBP Muhammad Joni pada Deklarasi Bersama Pileg dan Pilpres 2019 Damai dan Kondusif di Kabupaten Subang, Kamis (20/9/2018).
Dalam penyelenggaran olahraga tersebut ada nilai-nilai sportifitas yang perlu diikuti. "Maka dari itu kita harus mengedepankan objektifitas bukan Subjektifitas. Seperti yang telah dilakukan selama ini dengan melalui proses hukum," ujarnya lagi.
Pihaknya dalam upaya mengamankan proses pemilu serentak telah telah berupaya memetakan permasalahan.
Kemudian dia menyarankan dalam kampanye supaya menyampaikan pesan-pesan yang jelas dimengerti kepada pemilih. "Daripada menyerang program ‎pihak lain apalagi menyerang privasi seseorang," imbuhnya.
Lalu dia mengungkapkan keprihatinannya terhadap media sosial yang sering digunakan untuk menyerang privasi seseorang. Maka dari itu dia meminta penggunaan media sosial secara baik sebagai ajang kampanye. "Karena (fungsi) media sosial sangat strategis. Banyak kabar yang tersiar melalui media sosial. Tetapi banyak yang menyerang privasi seseorang," ungkapnya.
Lalu Komandan Kodim 0605 Subang, Letkol Inf Fikri Ferdian menegaskan netralitas ‎TNI sudah final. Apabila menemukan ada anggota TNI yang melanggar supaya segera melaporkan pada unsur setempat.
Kemudian dia meminta supaya menjaga netralitas TNI maupun Polri. "Jangan coba-coba menarik-narik TNI untuk masuk pada politik," tegasnya.
Mengenai pelaksanaan Pemilu 2019 nanti, Fikri optimis akan keberhasilan penyelenggaraan Pemilu. "Bercermin pada pelaksaan Pemilu Kepala Daerah yang lalu yang dinilai berhasil, maka (kami yakin) Pemilu serentak tahun 2019 akan berlangsung tidak jauh berbeda," katanya. 
Pemilu kata dia hakekatnya adalah Pesta Demokrasi suka cita yang harus dihadapi dengan suasana suka cita. Hendaknya kegiatan Pilpres dan Pileg harus bisa mengalihkan kejenuhan dan menghindari gesekan antar pihak yang berkompetisi. "Isi dengan kegiatan positif yang menghasilkan suasana kondusif," imbuhnya.
Menurut Ketua KPU Kab Subang, Maman Suparman melalui Deklarasi Bersama Pemilu Damai membuktikan bahwa dalam pelaksanaan Pemilu siap dengan keberagaman. "Kita melaksanakan demokrasi tidak tabu pada keragaman dengan dibarengi kearifan lokal setempat," katanya.
Siap berkomitmen melaksanakan Pemilu serentak dengan aturan dan kesepakatan bersama.
Hal senada dikatakan oleh Ketua Bawaslu Kab Subang, Parahutan Harahap bahwa dengan ‎Deklarasi Damai Pemilu akan berlangsung dengan damai. "Membuktikan bahwa kita bisa melakukan kegiatan pemilu dengan damai. Ditunjukkan selama pelaksanaan Pemilu Aparat Kepolisian ‎tidak pernah mengeluarkan satu butir peluru pun selama proses pemilu," katanya.
Pada kesempatan itu juga dibacakan Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota Legislatif Kabupaten Subang sebanyak 642 orang dari 15 partai politik di 7 daerah pemilihan (Dapil). (Satriya)