Venue MTB di Bunihayu Subang sudah berstandar UCI, Tapi...

SUBANG - Venue olahraga Mountain Bike (MTB) di Desa Bunihayu Jalancagak Subang yang dibuat untuk Asian Games 2018 telah memenuhi standar Union Cycliste Internationale (UCI) atau Organisasi Sepeda Dunia. "Tinggal dipoleh kiri-kanannya. Tetapi secara (standar) UCI sudah memenuhi persyaratan," ujar Wakil Ketua Persatuan Sepeda Seluruh Indonesia (PB ISSI), Beni Subagja kepada Reporter Jabar saat ditemui disela-sela kegiatan usai Lomba ITT di Jalancagak Subang, Jum'at (24/8/2018).
Bahkan kata dia telah mendengar permintaan Plt. Bupati Subang, Ating Rusnatim yang menyatakan Subang siap menjadi tuan rumah penyelenggara olahraga sepeda di masa depan. "Bahkan tadi kata Bapak (Plt) Bupati Subang meminta juga untuk event-event nasional atau internasional (berikutnya) Subang siap sebagai penyelenggaranya," ujarnya lagi.
Kelayakan Subang sebagai lokasi perlombaan olahraga sepeda telah menjadi "buah bibir" di Organisasi Olahraga Sepeda Dunia. Diantaranya Asian Cycling Confederation (ACC), kata Beni, Subang dimasukan sebagai salah satu kandidat lokasi berlangsungnya Olahraga Sepeda untuk event Asia-Pasifik. "Namun belum ada keputusan. Nanti dalam waktu dekat ACC sidang (untuk menentukannya)," imbuh dia.
Hal senada dikatakan SEkjen ACC, Oktar Singh yang menyebutkan bahwa track yang dibuat sangat bagus dan menantang untuk lomba. "Bahkan saya lihat ini sudah berkelas internasional," kata dia saat menyaksikan Lomba nomor XCO Asian Games di Subang.
Terpilihnya Subang sebagai salah satu tuan rumah penyelenggaraan olahraga bertaraf dunia, membawa rasa bangga dan senang bagi warga Subang.
Diantaranya diutarakan oleh Ibu Teti warga Tegalkalapa yang sengaja datang ke Jalancagak bersama keluarganya hanya untuk menyemangati Tim Indonesia.
Dibalik kebangaan sebagai tuan rumah penyelenggara, kata Teti dia juga senang karena dengan adanya event internasional membuat infrastruktur jalan menjadi jauh lebih baik. "Seperti tadi saya lihat jalan yang di Wisma Karya jadi lebih bagus dan jalan-jalan yang dilalui lomba menjadi lebih baik," bebernya kepada Reporter Jabar. (Satriya)