Plt. Bupati Subang Harapkan Peranan Pesantren Lebih Maksimal

Peran dan fungsi ini dapat diwujudkan jika pesantren secara terus menerus mengembangkan diri, baik secara kelembagaan, kurikulum, metode, pendanaan, maupun dalam penyediaan prasarana dan sarana. Pengembangan itu dapat berlangsung secara serentak, tetapi harus tetap diperhatikan bahwa pengembangan SDM harus menjadi prioritas. Sebab, betapapun baiknya keseluruhan perangkat keras dan lunak suatu lembaga pendidikan, tetapi jika tidak didukung oleh SDM yang unggul, akan sulit dapat mencapai tujuan.
SUBANG – Pendidikan Pondok Pesantren merupakan salah satu pilar pendidikan yang penting. Menurut Plt. Bupati Subang, Ating Rusnatim mengharapkan peranan pondok pesantren bisa lebih maksimal. "Dalam sistem pendidikan nasional, pesantren menempati posisi yang tidak kalah penting dibanding dengan lembaga-lembaga pendidikan lainnya. Oleh sebab itu, diera otonomi pendidikan sekarang ini menghendaki pondok pesantren memainkan peranannya secara maksimal," ujarnya saat memberikan sambutan pada kegiatan tasyakuran  Pondok Pesantren Madinatul Musthofa Subang (PMMS) Batukapur Desa Curugagung Sagalaherang, Sabtu (25/8/2018).
Dengan demikian kata Ating pondok pesantren memiliki potensi besar dalam bidang pendidikan, keagamaan, dan sosial dapat ditingkatkan peran dan partisipasinya secara lebih aktif lagi dalam rangka pemberdayaan masyarakat. "Peranan ini menjadikan pondok pesantren sebagai agen perubahan sosial, agen pembangunan, dan pusat keunggulan," imbuhnya.
Pada kegiatan ini meliputi Wisuda Angkatan ke-3, penyerahan ijazah kelulusan, penyerahan sanad Qira'at Riwayat Hafsh dan Syu'bah, rangkaian memperingati HUT RI 73 dan milad PMMS.
Pimpinan Ponpes Madinatul Musthofa Subang (PMMS) Kiai Ustadz M. Mahmud,  Lc., menyampaikan pada tahun ini ponpes Madinatul Musthofa sudah meluluskan wisuda angkatan ke 3. Kata dia pondok pesantren salah satu yang harus dipertahankan dan sama-sama dibangun dan ditingkatkan.
"Oleh karena itu, pesantren pada era otonomi pendidikan seperti ini tidak hanya berfungsi sebagai lembaga tafaqquh fid dini, tetapi juga berfungsi sebagai lembaga kontrol sosial terhadap perubahan-perubahan nilai, budaya, dan norma sosial yang terjadi di masyarakat kita," ujarnya.
Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Wakil Bupati Subang yang terpilih, Agus Masykur seluruh santri ponpes Madinatul Musthofa Subang (PMMS). (HMS)