Inilah Tujuan dan Terget Kampung KB di Kabupaten Subang

SUBANG - Kampung Keluarga Berencana atau Kampung KB merupakan salah satu kegiatan prioritas yang sesuai dengan Instruksi Presiden RI. Menurut Plt. Bupati Subang, Ating Rusnatim Kampung KB sebagai bentuk investasi Program KB yang manfaatnya dapat secara langsung di terima oleh masyarakat. "Kampung KB menjadi salah satu inovasi strategi untuk dapat mengimplementasikan kegiatan kegiatan prioritas program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) secara utuh. Program KB yang dideklarasikan pemerintah untuk menyeimbangkan dengan jumlah penduduk dengan lingkungan sudah di tentukan," ujarnya saat memberikan sambutan dalam Pembukaan Rapat Koordinasi Kelompok Kerja (Pokja) Kampung KB Tingkat Kabupaten Tahun 2018  di Aula BP4D, Selasa (29/08/2018).
Kemudian kata Ating Kampung KB diharapkan dapat menjadi suatu inovasi strategis dalam penguatan program KKBPK dan pembangunan sektor terkait. "Terutama sebagai suatu langkah implementasi kegiatan prioritas yang memiliki daya terhadap upaya pencapaian target/sasaran yang ditetapkan," katanya.
Kegiatan ini bertemakan: "Dengan semangat Gotong Royong dalam Memperkuat dan Mempercepat Keberadaan Kampung KB, Kita Wujudkan Sumber Daya Manusia di Kabupaten Subang yang berkualitas dan berdaya saing".
Tujuan kegiatan ini meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau setara melalui program kependudukan, keluarga berencana dan  pembangunan keluarga serta pembangunan sektor yang terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas .
Dikatakan Kepala Dinas DP2KBP3A Kab. Subang, dr. H. Nunung Syuhaeri, MARS, pemerintah sedang berupaya merevitalisasi program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga. "Agar program ini dapat lebih di rasakan manfaatnya oleh para keluarga dan masyarakat," ujarnya.
Kemudian kata dia Kampung KB dikembangkan sebagai upaya meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat khususnya mereka yang berada di wilayah pinggiran, miskin, padat penduduk, tertinggal, terpencil dan wilayah nelayan.
Selain itu, smbungnya Kampung KB dikembangkan sebagai strategi untuk mendukung Program Nawa Cita yang merupakan prioritas pembangunan nasional. "Khususnya Cita ke-3 yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memprioritaskan daerah-daerah dan desa dalam kerangka NKRI," katanya
Dalam kegiatan ini Lokasi Kampung Keluarga Berencana Rintisan di Tingkat Kabupaten Subang berjumlah 30 desa yang tersebar di 30 kecamatan, dukungan mitra sangat membantu.
Acara ini dihadiri juga oleh sekda kabupaten Subang,Dandim 0605/yang mewakili, ketua PTKK Kab Subang, Kepala kementrian agama subang /yang mewakili, ketua komisi perlindungan anak / yang mewakili, kepala OPD kab Subang, seluruh Camat Se Kab Subang. (HMS)