Inilah Potensi Jawa Barat yag Perlu Dikembangkan

SUBANG – Kreatifitas di Jawa Barat memiliki potensi yang cukup besar. Menurut Ketua KraftBina Jawa Barat, Natalya Tan potensi yang sangat menonjol diantaranya fashion, kuliner, budaya dan pariwisata. "Fashion dan kuliner yang menonjol dengan balutan budaya. Pariwisatanya juga," ujarnya disela-sela acara Pengenalan KrafBina Jawa Barat di Betha Hotel Subang, Senin (27/8/2018).
Kemudian kata Natalya pihaknya akan mengumpulkan semua pihak untuk membentuk tim guna mengangkat potensi Jawa Barat dari segala aspeknya. "Berkolaborasi untuk mengangkat (potensi) Jawa Barat. Apa potensi yang ada? Apa yang harus diangkat? Apa yang harus dikembangkan untuk menjadi monetize gitu," tuturnya.
Kolaborasi dipandang perlu karena potensi kreatifitas besar yang ada di Jawa Barat ini bisa dirasakan hasilnya serta bernilai ekonomis yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan.
Hal senada dikatakan Ketua KrafBina Indonesia, Luwi Saluadji Purbodiningrat Kehadiran KrafBina kata Luwi adalah untuk mendorong potensi-potensi kreatif terutama sumber daya manusianya supaya bisa mengelola potensi yang ada.
"Untuk menciptakan ekosistem dan peningkatan kreatif berdampak pada ekonomi suatu daerah khususnya di Kabupaten Subang. Salah satunya yaitu membangun kolaborasi, memajukan pelatihan, meningkatkan monetizing atau market desire," katanya.
Output-nya yang diharapkan kata Luwi yaitu nilai kualitas dan jual lebih tinggi, dan pengelolaannya agar lebih produktif, kreatif dan market desire (sales). Implementasinya peningkatan dan tata cara pengelolaan dengan cara pengembangan kapasitas dan kualitas produk terhadap mutu/nilai jual yang sesuai standar Market Desire (sales).
Kemudian kata dia tantangan yang dihadapi para kreator Indonesia ialah masalah branding supaya produk mudah dikenal.
Kehadiran KrafBina diapresiasi baik oleh Pemerintah Kabupaten Subang. Seperti dikatakan Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Parpora) Kab. Subang, Ahmad Sobari menyebutkan upaya yang dilakukan oleh KrafBina merupakan suatu hal yang mungkin dan bernilai baik.
Dia optimis dengan kebersamaan maka kemajuan industri kreatif di Subang bisa lebih terasa lagi. "Saya berkeyakinan bila sekumpulan komunitas berkolaborasi dalam mengelola potensi maka kemajuannya akan lebih cepat terasa," katanya. (Satriya/Adv)