Technology

3/Technology/post-list

Akibat Gempa Lombok 39 Orang Meninggal Dunia


NTB – Akibat Gempa yang terjadi di Lombok Nusa Tenggara Barat hingga pukul 00.30, Senin (6/8/2018) jumlah korban meninggal sebanyak 39 orang. Menurut Kepala Pelaksana BPBD Nusa Tenggara Barat (NTB), Muhammad Rum sebagian besar korban meninggal akibat tertimpa tembok bangunan saat kejadian.

Kata Muhammad Rum pihaknya akan menetapkan masa Tanggap Darurat selama 14 hari ke depan. "Untuk selanjutnya akan berkoordinasi dengan pihak lain untuk menolong para korban. Termasuk kita juga akan melakukan koordinasi dengan BNPB Pusat," ujarnya.
Kata dia menyebutkan ketika gempa terjadi masih dalam situasi status tanggap darurat karena gempa yang terjadi 29 Juli yang lalu.
Beberapa sumber di Lombok menyebutkan banyak pasien rumah sakit yang tengah menjalani perawatan diungsikan ke tenda-tenda darurat karena khawatir adanya gempa susulan sebagaimana yang terjadi tadi malam sempat terjadi beberapa kali gempa susulan.
Menurut sumber dari BMKG gempa yang terjadi malam tadi merupakan gempa utama. Sedangkan gempa yang terjadi seminggu lalu disebut sebagai gempa awal. Penyebab gempa karena adanya pergeseran di bawah bumi dan dinyatakan sebagai gempa dangkal. (Baca: Suasana Gempa Lombok)
Gempa yang mengguncang Lombok terukur hingga 7.0 SR berpotensi tsunami dan terpantau adaya tsunami setinggi 50 sampai 90 cm d beberapa titik. Sempat diterapkan status Waspada tsunami beberapa waktu yang selanjutnya status waspada dicabut. Dampak gempa yang terjadi sampai ke Bali bahkan terasa sampai ke Jawa Timur. (Ist.)


Share:

Arsip Blog

Definition List

Unordered List

Support