Ada Apa di Festival Bukanagara?


SUBANG – Untuk menumbuhkan kecintaan pada produk dan khasanah bangsa, masyarakat Bukanagara Desa Cupunagara Cisalak Subang Jawa barat mengadakan "Festival Bukanagara" dalam rangka HUT ke-73 Republik Indonesia.

Menurut Kepala Desa Bukanagara, Wahidin Hidayat pada festival ini menampilkan berbagai potensi yang dimiliki. Dengan mengangkat potensi yang dimiliki Cipunagara. "Supaya lebih diketahui khalayak luar desa menumbuhkan rasa bangga warga Cipunaga terhadap produk yang dimilikinya sehingga mereka mencintainya dan menggunakannya dengan penuh rasa bangga. Baik kekayaan UKM, kekayaan alam maupun potensi seninya," tuturnya kepada Reporter Jabar, Kamis (16/8/2018).

Kata Wahidin produk unggulan Bukanagara yang kini tengah "naik daun" ialah Kopi Hofland Canggah Cupumanik yang mulai banyak diminati. "Produk Kopi. Namanya Kopi Canggah. Ini produk unggulan kami yang kini mulai kenal luas. Bahkan sudah masuk ke café-café," ujarnya lagi.

Kemudian selain itu ada juga produk UKM berupa peralatan rumah tangga seperti sapu yang diproduksi dengan manual dengan bahan yang ramah lingkungan. Selain itu juga ada makanan tradisonal atau makanan Urang Lembur yang kini mulai tergeser. "Seperti wajit dan opak yang masih diolah secara tradisional," imbuhnya.
Kemudian kata Wahidin untuk keseniannya yang menjadi primadona ialah Gembyung, Kacapi Suling dan Sisingaan. "Kita juga ingin kesenian kita yang aslii tetap terpelihara kelestariannya," katanya lagi.
Kegiatan ini diapresiasi oleh Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Subang, Alam Rantjatan yang menyatakan potensi daerah seperti di Bukanagara ini perlu diperkenalkan dengan serius. "Ini kekayaan kita (Subang) yang menjadi bagian utuh dari Indonesia. Apalagi berbagai produk yang ada di sini lebih ramah lingkungan," ujar pegiat Masyarakat Sadar Lingkungan (Massal) ini.
Dirinya bangga dengan kemauan masyarakat Bukanagara yang kemudian difasiitasi dengan serius oleh Pemerintah Desa. "Selanjutnya tinggal ditingkatkan dengan pola kreatif supaya potensi ini bisa lebih optimal," ujarnya lagi.
Festival Bukanagara akan berlangsung selama 2 hari yaitu dari 16 Agustus sampai 17 Agutus 2018.