6 Fakta Unik AG 2018 Subang: Dari Presiden Jokowi sampai Hormat Sikap Sempurna

JAWA BARAT – Kabupaten Subang Jawa Barat dipercaya menjadi lokasi Asian Games 2018 untuk Cabor Balap Sepeda untuk nomor Roadrace dan Mountain Bike (MTB). Pelaksanaan berlangsung selama 5 hari dari tanggal 20 – 24 Agustus 2018.
Banyak cerita unik selama berlangsung kegiatan dari cerita suka sampai membanggakan.
Berikut rangkuman yang berhasil dikumpulkan Reporter Jabar:
1. Diapresiasi Langsung oleh Presiden RI. Perolehan medali Emas di nomor Down Hill Mountain Bike Putra dan Putri sempat mendapat apresiasi langsung dari ‎Presiden Jokowi melalui sambungan telepon kepada Ketua PB ISSI, Raja Sapta Oktohari. Dalam tayangan video berdurasi 47 detik itu terdengar Presiden Jokowi berkali-kali mengucapkan "Selamat" atas perolehan 2 medali Emas dan 1 medali perunggu  yang diraih oleh Tim Indonesia atas nama Mukib, Tiara dan Nining.
"Selamat untuk semuanya yang ada di Subang," ujar Jokowi. Kemudian Okto meminta doa restu Presiden ‎untuk perlombaan selanjutnya.
2. Infrastruktur jalan Mendadak Bagus. mengalami perbaikan yang membuat nyaman. Seperti sepanjang jalur jalan menuju venue MTB semula kondisinya rusak parah. Belubang diduga akibat kendaraan berat yang over tonase. Namun sebelum perlombaan dilakukan perbaikan jalan sepanjang 3,4 km menggunakan dana CSR salah satu bank sebesar 1,5 milyar rupiah. Begitu juga dengan jalan di dalam kota mengalami perbaikan.
3. Indonesia hampir menang. Pada lomba Women Individual Roadrace yang berlangsung 23 Agustus lalu, ‎Indonesia sempat memimpin jauh meninggalkan lawan-lawannya dengan selisih waktu yang cukup ekstrim. Bahkan panitia di titik finish telah membuat simulasi penyerahan medali dengan mengumandangkan instrumen "Indonesia Raya". Sayangnya Indonesia harus puas diurutan 15 dan mengakui kekuatan atlit Negara Korea, China dan China Taipei.
4. Pengamanan 1500 personil dan Video HOAX. Selama kegiatan Asian Games di Subang mendapat pengawalan sebayak 1500 personil dari aparat gabungan Polres Subang, BKO Polda Jabar, TNI Yonif 312, TNI AU dan instansi terkait lainnya seperti Dishub, Dinas Kesehatan dan Pemadam Kebakaran.
Pada Lomba Roadrace Putra yang berlangsung pada Kamis (23/8) sempat diwarnai kabar bohong atau HOAX‎ tentang insiden kecelakaan beruntun di tengah perlombaan. Namun hal ini dibantah dengan tegas Kapolres Subang, AKBP M. Joni melalui Kabagops Polres Subang, Komisaris Pol Kholik bahwa kabar tersebut bohong. "Kami bersama tim mengikuti mengawal sampai Cikampek. Saya pastikan itu kabar bohong. HOAX itu," tegasnya. 
5. Venue Berstandar Dunia dan Calon Lokasi Lomba Asia Pasifik. Venue Cabor Sepeda MTB ‎di Bunihayu Subang dinyatakan memenuhi standar Union Cycliste Internationale (UCI), Organisasi Induk Olahraga Sepeda Dunia. Dikatakan Sekjen Asian Cycling Confederation (ACC), Oktar Singh venue MTB yang buat memiliki tarck-track yang bagus dan menantang, baik untuk Down Hill maupun Cross Country (XCO). Dia melihat sudah standar digunakan untuk kelas dunia. Sarana yang tersedia serta infrastruktur pendukung. Hal senada dikatakan oleh Wakil Ketua Umum PB ISSI, ‎Beni Subagja hanya perlu dipoles kiri - kanannya. Bahkan masuk sebagai kandidat lokasi lomba Sepeda Tingkat Asia – Pasifik.
6. Disambut Hormat spotan dari Anak-anak. Usai kegiatan MTB, rombongan kendaraan yang membawa atlit, official dan aparat keamanan mendapatkan hormat dengan sikap sempurna dan para bocah Desa Bunihayu. Mereka secara spontan berkerumun di pinggir jalan dengan memberikan hormat sikap sempurna dan sebagian lagi melambaikan tangan ke arah rombongan.
Dari sorot mata polos nan ceria mereka tergambar bahasa: "Cara inilah kami menghormati tamu yang datang ke rumah kami". (Satriya)