Inilah Pesan Ulama Dalam Meningkatkan Keterwakilan Daerah

SUBANG – Upaya perbaikan masyarakat salah satunya dengan meningkatkan keterwakilan daerah dalam dalam berbagai tingkatan di Legislatif. Menurut Ketua DKM Masjid Agung Al-Mushobaqoh Subang, KH. Satibi melihat keterwakilan orang daerah penting untuk menyalurkan anggaran ke daerah utuk meningkatkan kualitas kehidupan sosial di daerah
Dia merasa prihatin di Subang keterwakilan di pusat dan provinsi masih kurang memadai sehingga ‎kondisi Subang masih jauh dari harapan. Maka menjelang Pemilu harus menjadi peluang untuk memperbaiki dengan memilih para wakil rakyat yang bisa mewakili kepentingan daerah. "Setidaknya kalau orang daerah akan lebih peduli dan mengetahui kondisi daerahnya," ujarnya saat usai Shalat Jum'at di beranda Masjid Agung, Jum'at (6/7/2018). Ketika ditanyakan mengenai keterwakilan daerah di Legislatif.
Satibi melihat menjadi tugas partai politik mempersiapkan para kadernya untuk menjadi wakil yang mau dan mampu bekerja demi kepentingan masyarakat di daerahnya. "Ini menjadi tugas partai politik untuk membuktikan bahwa kadernya bisa diterima dan (bisa) dipilih untuk kepentingan masyarakat," imbuhnya.
Kemudian kata dia strateginya ada pada jajaran pimpinan partai politik yang harus aktif menginventarisir kader-kader daerah yang mampu bekerja untuk kepentingan masyarakat yang diwakilinya. "Saya percaya banyak kader-kader yang mampu tetapi jarang yang tahu. Ini harus diperkenalkan dengan cara direkrut oleh partai politik," kataynya lagi.
Kemudian dia juga mengingatkan kepada masyarakat supaya objektif melihat semua masalah. Termasuk dalam memilih calon untuk melihat sisi baik dan buruknya. "Karena Kalau melihat masalah itu harus dilihat dari dua sisi, dong. Kalau sisi negatif  kita akan su'udzon ‎melulu. Kalau begitu gak akan maju-maju," jelasnya.