Inilah Modus Penipuan Tenaga Kerja di Subang

SUBANG – Polres Subang berhasil mengungkap kasus penipuan tenaga kerja di PT. Taekwang Subang. Dikatakan Kapolres Subang, AKBP Muhammad Joni Satreskrim Polres Subang berhasil menangkap 2 orang pelaku berinisial K dan Rh. "Modus yang dilakukan pelaku ialah ialah membuat akun di Facebook yang mengumumkan seolah bisa membantu mauk kerja ke PT Taekwang. Setelah kami selidiki ternyata akun bodong (palsu). Kemudian dia menawarkan jasa antara 2,5 juta sampai 10 juta (rupiah)," ujarya kepada wartawan di Mapolres Subang, Senin (23/7/2018).


Kemudian kata Joni jika berhasil diterima kerja hasil uangnya akan dibagi dua. "Tetapi jika gagal akan dikembalikan dengan menggunakan uang hasil penipuan korban berikutnya," imbuhnya.

Dari lima orang pelapor setelah dikembangkan ternyata ada 18 orang korban lainnya. Pelaku sudah beroperasi lama beberapa bulan terakhir dan diduga masih banyak korban lainnya. "Maka kami himbau kepada masyarakat apabila ada yang merasa tertipu supaya segera membuat laporan Kepolisian supaya segera ditindaklanjuti," katanya lagi.
Dari tangan pelaku diamankan sejumlah barang bukti yaitu: Satu buah Handphone, Screenshoot Akun Facebook dan Whatsapp, Uang Tunai Tujuh belas juta lima ratus lima puluh ribu ruoiah dan Beberapa Lembar Kwitansi
Ketika ditanya mengenai adanya keterkaitan dengan "orang dalam", kata Joni pelaku melakukan aksinya atas inisiatif sendiri. "Dari penyelidikan pelaku ini melakukan aksinya atas inisiatif sendiri seolah-olah ada hubungannya dengan perusahaan," katanya. Pelaku terancam hukuman diatas lima tahun. (Satriya)
Share on Google Plus