Begini Strategisnya Pendidikan Keluarga


SUBANG – Pendidikan yang berasal dari keluarga akan menjadi penopang kemajuan masyarakat salah satunya di pendidikan keluarga. Kata Plt Bupati Subang, Ating Rusnatim atas nama pemerintah Kabupaten Subang berharap bisa mendorong lebih cepat Subang menjadikan keluarga sebagai benteng moral kokoh dan kuat untuk menjadi bagian proses bagian dari pendidikan yang kuat.
"Berkepribadian dalam berbudaya harus kita jaga karena menguatkan budaya dengan rasintensitas melalui media sangat mudah yang menjadi salah satu cirinya. Komitmen pendidikan tidak mutlak ke pihak sekolah, harus terbangun antara pendidikan sekolah dengan keluarga terutama pendidikan keluarga. Supaya tidak ada pergeseran-pergeseran dalam pendidikan," katanya saat membuka Sosialisasi Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga Tahun 2018 di aula gedung Dekopinda Subang, Jum'at (27/7/18)
Kegiatan Sosialisasi Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga Tahun 2018 tersebut mengambil tema "Dengan bertemakan Melalui Pendidikan Tumbuh Kembangkan Karakter dan Budaya Prestasi Anak" dan dihadiri 205 peserta.
Kemudian sambutan Kabid Pembinaan PAUD dan PNF Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang, Maman Rochman menyampaikan keluarga komite kecil dalam masyarakat dalam mewujudkan generasi emas. "Ada 3 indikator pendidikan Indonesia Emas, yaitu indikator pembentukan karakter moral iman takwa, jujur, karakter kinerja (kerja keras, kerja tuntas dan kerja ikhlas), indikator peningkatan kompetisi dan indikator peningkatan literasi," katanya.
Melalui kegiatan tersebut kata Maman diharapkan mampu bekerjasama dengan PAUD dan PNF dalam bentuk sosialisasi Pendidikan Keluarga yang sasarannya jajaran pendidikan anak usia dini, jajaran pendidikan SD, jajaran pendidikan SMP, PKBI, SKB di Kabupaten Subang Non Formal Negeri.
"Dengan kegiatan ini berharap meningkatkan pengetahuan pemahaman kepala sekolah baik penilik, pengawas, dan terdorong penilik dan pengawas untuk memperkuat pendidikan dalam keluarga," paparnya.
Kegiatan tersebut turut dihadiri perwakian Direktur Pembinaan dan Pendidikan Keluarga Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Subang, dan seluruh panitia serta peserta kegiatan Sosialisasi Pendidikan Keluarga. (Sumber: Humas & Protokol)