Bacaleg Subang Ada yang Pernah Dihukum

SUBANG - Dari Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) Kabupaten Subang yang memohon Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) ada satu orang yang memiliki catatan hukum. Menurut Kepala Satuan Intelkam Polres Subang, AKP Sonson Sudarsono bakal calon tersebut beberapa tahun yang lalu pernah menjalani hukuman.
"Baik pernah (dihukum) atau tidaknya itu dicantumkan (dalam SKCK). Baru satu (orang) itu juga beberapa tahun yang lalu sudah menjalani hukuman. Kita hanya memberikan keterangan saja mengenai catatan kepolisian mengenai pernah (dihukum) atau tidaknya cantumkan dalam keterangan. Untuk selanjutnya bagaimana panitia dalam pencalonan itu," ungkapnya kepada Reporter Jabar, Rabu (11/7/2018)
Kata Sonson mengenai jumlahnya hingga kini masih diakumulasikan dengan pelayanan SKCK untuk keperluan lainnya. Adapun persyaratan SKCK untuk Bakal Calon Legislatif ialah melampirkan fotocopy KTP, Kartu Keluarga, Ijazah, pas foto berlatar belakang merah, surat keterangan kesehatan dan surat bebas narkoba.
Kata Sonson pelayanan yang diberikan oleh Polres dilakukan secepat mugkin dalam rangka meningkatkan pelayanan.

Belum ada yang Daftar ke KPU
Sementara itu menurut informasi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Subang hingga hari ke-8 belum ada Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) yang yang melakukan pendaftaran. Dikatakan oleh Petugas Operator Silon KPU Kab Subang, Rohendi menyebutkan ada beberapa partai politik yang menanyakan mengenai proses pecalonan melalui pesan singkat maupun sambungan telepon.
"Kami banyak menerima pertanyaan baik dari calon, partai politik (yang) menanyakan tentang persayaratan pencalonan. Kami terus komunikasi. Secara resmi belum ada satu pun yang mendaftarkan mungkin mereka masih mempersiapkan persyaratannya," kataya kepada Reporter Jabar saat ditemui di kantornya.
Dia memperkirakan pendaftaran mungkin antara tanggal 16 dan 17 Juli sesuai batas akhir pendaftaran. Untuk melayani pendaftaran pihak KPU Kab Subang membuka helpdesk.
Berdasarkan juknis KPU, pelayanan pendaftaran di KPU Kab Subang dibuka dari tanggal 4 – 17 Juli 2018. Pelayanan dari tanggal 4 – 16 dibuka dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB. Sedangkan untuk tanggal 17 Juli 2018 dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 24.00 WIB.
Selanjutnya dikatakan Rohendi yang wajib datang mendaftarkan Bakal Calon Legislatif 2019 ke KPU Kab Subang itu ialah minimal Liaison Officer (LO) dan Operator Silon‎.