1.515 Satuan Muda Praja IPDN Laksanakan PL I di Subang

SUBANG - Sebanyak 1.515 satuan muda praja Institut Pemerinatahan Dalam Negeri (IPDN) telah diserahterimakan oleh Gubernur IPDN Ermaya Suradinata kepada Plt. Bupati Subang H. Ating Rusnatim, SE., untuk melaksanakan Praktek Lapangan I (PL I) di Kabupaten Subang tahun 2018. Selasa (17/7/18).
Pelaksanaan Praktek Lapangan I (PL I) bagi satuan muda praja akan berlangsung selama 14 hari terhitung mulai tanggal 17 – 30 Juli 2018 di 13 kecamatan dan 78 desa dalam wilayah Kabupaten Subang.
Sebanyak 1.515 muda praja terdiri dari 954 putra dan 561 putri dengan pembimbing lapangan sebanyak 118 orang.
Maksud dan tujuan penyelenggaraan Praktek Lapangan I (PL I) sebagai wujud implementasi Tri Dharma perguruan tinggi khususnya Dharma pengabdian kepada masyarakat. Bagi praja akan memperoleh pengalaman praktis dengan mengetahui secara langsung berbagai aktivitas penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan masyarakat.
Gubernur IPDN Prof Dr. Ermaya Suradinata dalam sambutannya bahwa praktek lapangan bagi Praja IPDN merupakan salah satu kegiatan unggulan. Bahkan kegiatan tersebut senantiasa dimonitor oleh Mendagri dan telah masuk dalam skala prioritas Rencana Strategis (Renstra) Kemendagri. Oleh sebab itu pada setiap akhir tahun akademik senantiasa melaporkan beberapa capaian program dan kegiatan lembaga termasuk keluaran (output) kegiatan Praktek Lapangan yang dilaksnakan setiap tahun dan setiap tingkat.
Praktek Lapangan yang dilaksanakan di Kabupaten Subang merubakan sebuah karya nyata Praja kepada masyarakat  sehingga masyarakat akan menikmati karya nyata dari pembangunan praja. Salah satu bentuk karya nyata diantaranya akan dilaksanakannya bedah rumah dengan membangun rumah yang tidak layak huni sebanyak 5 rumah.
Kepada para Praja diharapkan pada Praktek Lapangan tersebut dapat dilaksanakan dengan baik dengan bekerjasama dengan aparatur setempat dan masyarakat setempat.
Semoga ilmu yang selama Praktek lapangan  dapat menjadi pengalaman berharga yang akan menjadi bekal sebagai Aparatur Sipil Negara.
Bertindak sebagai inspektur upacara Plt. Bupati Subang H. Ating Rusnatim, SE dalam sambutannya dengan kehadiran muda praja dalam melaskanakan Praktek Lapangan I diharapkan dapat membantu menunjang pelayanan, pembangunan, pemerintahan dalam berbagai sector di Kabupaten Subang.
Praktek lapangan merupakan salah satu kegiatan untuk merekatkan diri praja IPDN dengan masyarakat, sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan konteks pengajaran, pelatihan dan pengasuhan di IPDN.
Dengan praktek lapangan diharapkan dapat melakukan transfer pengetahuan dan keterampilan yang dipeoleh semasa mengikuti perkuliahan, pelatihan, dan pengasuhan di IPDN sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing kepada masyarakat sehingga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat dan dapat meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan daerah sehingga berhasil guna. (Humas Setda Kab Subang)