Presiden Bagikan 3.265 sertipikat untuk 3 Kabupaten

SUBANG - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) membagikan sebanyak 3.265 sertipikat tanah untuk rakyat di 3 Kabupaten di Provinsi Jawa Barat terdiri dari Kabupaten Subang 1.200 sertipikat, Kabupaten Purwakarta 1.000 sertipikat dan Kabupaten Karawang 1.065 sertipikat. Penyerahan diberikan langsung oleh Presiden di GOR Bintang Fantasi Kecamatan Pamanukan Kabupaten Subang, Rabu (6/6/18).
Selain sertipikat lahan dibagikan juga sertipikat tanah wakaf sebanyak 50 sertipikat untuk Kabupaten Subang 20 sertipikat, Kabupaten Purwakarta 15 sertipikat dan Kabupaten Karawang 15 sertipikat yang dilaksanakan di Masjid Jamie Nurul Muqorrobiin Patokbeusi.
Pembagian sertipikat merupakan rangkaian pembagian yang ditargetkan tahun 2018 sebanyak 7 juta sertipikat di seluruh Indonesia dan tahun 2019 sebanyak 9 juta sertipikat.
Untuk membuktikan bahwa sertipikat yang diserahkan sudah diterima oleh warga, Presiden Jokowi meminta sertipikat yang sudah diterima para warga diangkat tinggi-tinggi untuk memastikan dan kelihatan semua bahwa sertipikat sudah diserahkan ke tangan masing-masing penerima dan betul-betul sertipikat sudah menjadi milik warga penerima.
Jokowi berpesan kepada para penerima sertipikat supaya menjaga dan merawat sertipikat yang telah diterima supaya tidak rusak dan hilang maka harus disimpan rapi dilemari dengan diberi plastik.
Presiden juga berpesan jika sertipikatnya akan dijadikan jaminan ke bank maka harus memperhitungkan dengan matang sesuai dengan kebutuhan yang benar-benar utama. "Jangan sampai pinjam modal tapi diperuntukan kebutuhan yang tidak terlalu dibutuhkan," ujarnya.
Presiden berharap dengan sertipikat tersebut diharapkan meningkatkan nilai jual dan dapat dijadikan jaminan/agunan apabila melakukan pinjaman ke bank sebagai modal usaha.
Dengan keberagaman Indonesia yang terdiri dari 17 ribu pulau, 714 suku dan bahasa yang merupakan suatu anugrah maka kita harus menjaga persaudaraan, apalagi sebentar lagi akan ada Pilpres, Pilgub dan Pilbup. "Maka daripada itu Pilkada tidak membuat warga tidak rukun tetapi harus bersatu. Silahkan pilih yang paling baik salah satu calon, setelah itu harus rukun lagi. Jangan sampai karena beda pilihan kita tidak saling sapa dan persaudaraan retak," ujarnya.
Dalam sambutannya Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan mengucapkan mengapresiasi setinggi-tingginya atas pembangian sertipikat oleh Presiden Jokowi. "Tahun 2017 Jawa Barat mendapatkan jatah sertipikat sekitar 590 ribu sertipikat dan tahun ini target 1,2 juta sertipikat yang merupakan daerah terbanyak di Indonesia," ungkapnya.
Mentri Agraria dan Tata Ruang /BPN Sofyan Djalil berharap untuk Jawa Barat pada tahun 2019 dapat sampai target 1,5 juta sertipikat dan pada tahun 2025 permasalahan sertipikat beres.
Sertipikat tanah yang dibagikan diharapkan dapat menghindari sengketa tanah, meningkatkan nilai jual tanah dan bisa menjadi modal dengan melakukan pinjaman ke bank.
Hadir pada kesempatan tersebut Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Agum Gumelar, Plt. Bupati Subang H. Ating Rusnatim, Forkopimda Kabupaten Subang dan tamu undangan lainnya.
Kedatangan Presiden RI Joko Widodo disambut langsung oleh Plt. Bupati Subang, Kepala ATR/BPN Kabupaten Subang, unsur Muspida dan para pejabat daerah pada saat Sholat Dzuhur di masjid jamie Nurul Muqorrobiin Patokbeusi dilanjutkan menuju tempat pembagian sertipikat di GOR Bintang Fantasi Pamanukan. (Sumber Bagian Humas & Protokol Setda Kab Subang)