Orang Tak Dikenal Coba Rebut Kotak Suara Pilkada Subang

SUBANG – Kotak suara hasil Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) di salah satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) nyaris dirusak massa tak dikenal saat dikawal dari TPS. Kemudian diamankan oleh petugas keamanan dari Polres Subang. Akhirnya kotak suara bisa diselamatkan.
Upaya perebutan kotak suara ini merupakan bagian dari simulasi Pengamanan Pilkada Subang tahun 2018 dalam Gelar Pasukan Mantap Praja di Alun-Alun Subang Jawa Barat, Senin (25/6/2018).
Dalam arahannya Kapolres Subang, AKBP Muhammad Joni mengintruksikan kepada anggota polisi tetap menjaga sikap netral dalam pengamanan proses pemungutan suara Pemilu Kepala Daerah (Pikada) 27 Juni mendatang.
"Supaya tidak ikut menghitung. Jangan sampai ada keberpihakan berupa sikap maupun statemen omongan untuk menjaga nama baik institusi," ujarnya.
Selanjutnya kata Kapolres setiap anggota supaya melakukan koordinasi dengan anggota lainnya di lokasi. Harus mampu mengenal kekuatan pegamanan yang ada di lokasi. "Besok mulai Apel di lokasi untuk mengecek kekuatan masing-masing. (Sekaligus) untuk mengantisipasi apabila ada yang kurang atau ada yang berhalangan," imbuhnya. Tremasuk menyimpan nomor kontak masing-masing untuk memudahkan koordinasi apabila diperlukan.
Bagi yang berstatus Bawah Kendali Operasi (BKO), sambung dia supaya berkoordinasi Babinsa setempat. "Kalau yang (berstatus) BKO harus mengetahui siapa  Babinsanya," ujarnya. Supaya apabila terjadi kontijensi memudahkan koordinasi dan bertindak ‎sesuai dengan prosedur.
Kepada Reporter Jabar Kapolres menyebutkan pihaknya menurunkan 2/3 kekuatan atau sebanyak 850 personil di-backup Kodim 0605 Subang sebanyak 350 personil dan 1 satuan setingkat kompi (SSK) dari TNI Angkatan Udara (AU) ditambah Brimob Polda Jawa Barat. "Termasuk Brimob dari Polda (Jawa Barat) terayonisasi siap-siap. Apabila dibutuhkan siap meluncur ke wilayah Subang," ujarnya.
Adapun jumlah TPS yang akan diamankan sebanyak 2.852 lokasi yang tersebar di 253 desa dan keluraha di seluruh Kabupaten Subang.
Apel Gelar Pasukan Mantap Praja dipimpin oleh Plt Bupati Subang. Ating Rusnatim yang menbacakan amanat Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Agung Budi Maryoto dihadapan peserta apel.