Itikaf Ramadhan, Tahun Depan Harus Lebih Baik

SUBANG – Memasuki masa terakhir Bulan Ramadhan banyak jamaah mengisi Itikaf di Masjid Agung. Pada malam-malam ganjil terakhir jumlah Jamaah makin meningkat khususnya pada malam ke-27 dan malam ke-29.
Menurut Ketua DKM Masjid Agung Subang, KH. Satibi untuk Ramadhan tahun ini ada yang berbeda dengan tahun sebelumnya, yaitu ada support bagi jamaah itikaf berupa makanan, minuman serta makan sahur secara gratis dengan pelayanan yang dikerjakan oleh komunitas muslim, yaitu Komunitas Muslim Bikers Indonesia (Kombi) dan Komunitas Sahabat Berbagi (Saber) Subang.
"Beda dengan tahun sebelumnya. Mereka (jamaah itikaf) datang dengan membawa bekal sendiri dari rumah," ujar Satibi kepada Reporter Jabar, Rabu malam (14/6/2018).
Walaupun belum sepenuhnya 10 hari terakhir, kata dia antusias masyarakat muslim untuk beritikaf di Masjid Agung meningkat cukup signifikan dari tahun sebelumnya. Tahun depan perlu ditingkatkan lagi. "Untuk tahun depan bisa direncanakan lebih matang lagi. Bahkan dilakukan sejak tanggal 20 (Ramadhan) dengan support makanan minuman dan pelayanan seperti ini," imbuhnya.
Dia berharap komunitas yang aktif pun bisa melibatkan komunitas muslim lainnya. "Sehingga (mereka/komunitas Muslim di Subang) ada rasa memiliki pada Masjid Agung," imbuhnya lagi.
Kegiatan yang dilakukan Kombi dan Saber ialah dengan menyediakan berbagai macam makanan ringan, minuman berupa kopi, susu dan minuman lainnya. Makanan dan minuman didisplay di depan pintu masuk. Kemudian jamaah mengambil secukupnya.
Adapun kegiatan yang berlangsung selama itikaf dengan ceramah keislaman yang dibawakan oleh Ustad Eka Mulyana dan Ketua DKM Al-Mushabaqah.
Jumah kunjungan jamaah itikaf semopat mencapai sekitar 400 orang khususnya pada malam ke-27.