Test Event Asian Games 2018 di Subang, 80% Siap Tapi Akses Jalan Memprihatinkan

SUBANG - Kesiapan penyelenggraan untuk Cabang Olahraga Mountain Bike dan Road Race Asian Games 2018 sudah 80 persen sepanjang pengamatan dalam kegaiatan Test Event. Dikatakan Ketua Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI), Raja Sapta Oktohari test event ini harus dilakukan untuk menuju Asian Games untuk melihat kesiapan Panitia Pelaksana dan sistemnya.
"Kita semua mengevaluasi sistemnya dan panitia pelaksananya. Disini nanti kita lihat apa kekurangannya? Lalu kita sempurnakan di Asian Games," ungkapnya kepada Reporter Jabar saat menyaksikan Test Event di Buni Hayu Jalancagak Subang Jawa Barat, Selasa (8/5/2018).
Sedangkan mengenai kesiapan pengamanan selama lomba berlangsung dikatakan Kapolres Subang, AKBP Muhammad Joni yang didampingi Kapolsek Jalancagak, AKP Mashar Junaedi pihaknya telah siap mengamankan di lokasi MTB dan Down Hill maupun untuk road race. "Kami sudah siap mengamankan baik di lokasi maupun untuk jalan raya (untuk road race) yang akan mengambil start di Alun-Alun Subang dan Finish di sini (Jalancagak)," paparnya.
Kemudian kata Sports Information, Zulkifli mengatakan track untuk XCO atau Cross Country sepanjang 4,05 km dengan medan hard climbing & fast descent, mostly wide lines combined with single tracks grass and hard pack surface dan untuk Down Hill sepanjang 1,2 km yang terdiri dari medan expert, medium drops, small jump, technical chutes dan fast flowing top section. Jumlah peserta untuk XCO sebanyak 23 orang dan Down Hill 43 orang terdiri dari perwakilan 11 provinsi.
Zulkifli menambahkan dalam kesiapan menuju Asian Games 2018 dia menyayangkan akses jalan menuju lokasi. Dia menyarankan supaya akses jalan diperbaiki. "Ini untuk (mengantisipasi) apabila pada waktunya (kegiatan berlangsung) nanti," ujarnya.
Dari pengamatan Reporter Jabar, salah satu akses jalan menuju lokasi tampak cukup memprihatinkan dengan kondisi bergelombang dan berdebu. Apalagi ditambah dengan hilir-mudiknya truk yang mengangkut tanah.