Polda Jabar Temukan 115 Pelanggaran Pemilu

SUBANG – Polda Jawa Barat menemukan 115 pelanggaran dalam Proses Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) di Jawa Barat. Temuan tersebut umumnya melibatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Kepala Desa yang ikut-ikutan. Menurut Kepala Polisi Daerah (Kapolda) Jawa Barat, Irjen Pol Agung Maryoto dari temuan tersebut bagi yang ada alat buktinya baru ditindaklanjuti. Sedangkan yang lainnya dilakukan pembinaan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) ataupun Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).
"Kalau ada alat buktinya kita proses hukum kalau tidak kita serahkan kepada KPU dan Panwas. Kalau administrasi kita serahkan kepada KPU, kalau pelangaran-pelangaran itu Panwas. Kalau secara total sekitar 115 (kasus), ya," ungkapnya kepada wartawan diisela-sela kegiatan Tablig Akbar Ramadhan di Mapolres Subang, Selasa (29/5/2018).
Selanjutnya kata Agung diantaranya sudah ada 12 kasus yang ditangani kejaksaan. Namun secara umum hingga kini situasi pelaksanaan pemilu di Jawa Barat baik Pilkada Gubernur, Bupati maupun Walikota masih aman. "Sampai sekarang aman. Belum ada indikasi-indikasi (yang mengkhawatirkan)," katanya.