Plt Bupati Minta Progres Proyek Dipantau

SUBANG – Plt Bupati Subang, Ating Rusnatim kepada rekan-rekan wartawan agar ikut memantau jalannya progres pembangunan di Kabupaten Subang. Progresnya hingga kini telah memasuki tahapan lelang. Kata Ating tahapan ini dirasakan lebih cepat dari tahun-tahun sebelumnya. "Maka saya minta rekan-rekan wartawan untuk memantau karena saat ini sudah masuk proses lelang ini 'kan tahapan yang lebih cepat dari tahun sebelumnya," ujarya usai kegiatan Upacara Hari Kebangkitan Nasional, Senin (21/5/2018).
Hal ini menjawa pertanyaan wartawan tentang progres pembangunan di Kabupaten Subang. Kemudian menurut dia saat sekarang cukup tepat karena memasuki masa kemarau. "Sehingga hasilnya bisa lebih awet. Berbeda dengan ketika (proyek) dilaksanakan pada musim hujan," imbuhnya
Dia juga mengakui bahwa dalam pelaksanaan proyek ini dilakukan dengan penuh kehati-hatian. Untuk itu guna menghindari penyimpangan dalam kegiatan proyek pembangunan, Pemerintah Kabupaten Subang akan melakukan konsultasi pendampingan dengan aparat penegak hukum. "Kita juga akan meminta petunjuk kepada penegak hukum supaya bersinergi dalam pengerjaan proyek supaya tidak menimbulkan masalah hukum," katanya.
Karena timbulnya masalah, lanjut Ating dalam prosesnya tidak peduli apa yang dilaksanaan. "(Dengan konsultasi kepada aparat penegak hukum) apabila ada indikasi kekurangan atau kelemahan bisa segera diluruskan. Demikian pelaksanaannya  dapat berjalan dengan benar," katanya lagi.
Kemudian untuk mempercepat dengan Mengenai pembangunan yang diduga belum ada progres Plt Bupati Subang menilai karena adaya beberapa musibah OTT atau Kepala Daerah yang terlibat kasus hukum yang terjadi terganggunya kegiatan program pembagunan harus sesuai dengan target
Ketka ditanyakan mengenai sanksi keterlambatan, Ating menyebutkan tidak bisa diterapkan karena ada mekanisme yang harus dilalui. "Untuk ini Pemerintah (pusat) juga sudah memberikan contoh. Bagi daerah serius giat melakukan kegiatan penyerapan anggaran pemerintah pusat memeberikan reward," imbunya.
Walaupun hingga kini penyerapan anggaran baru 50% dia optimis proyek pembangunan bisa lebih cepat dilakukan. "Memang (sampai sekarang) masih dibawah 50% tapi saya optimis dengan dilaksanakan serentak supaya dilaksanakan lebih cepat," pugkasnya.