Kemajuan Pembangunan Jangan Lupakan Pembangunan Karakter

SUBANG - Ketua Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kab Subang, Atep Abdul Gopar mengamanatkan supaya kemajuan pembangunan tetap memerhatikan pembanguna karakter manusia.
"Pembangunan fisik jangan sampai melupakan pembangunan keimanan ' Raya dan ketaqwaan. "Ini sesuai dengan amanat Lagu 'Indonesia Raya' yang bunyinya 'Bangunlah jiwanya. Bangunlah badannya', ujarnya dalam Wisuda Akbar FKDT Angkatan III di Alun-Alun Subang, Kamis (10/5/2018).

Mengapresiasi perhatian Pemerintah kepada pendidikan agama. Dia berharap bisa memperluas partisipasi dari instansi lainnya. Pihaknya pun menyatakan akan memperluas pengelolaan pendidikan agama pada tingkatan lainnya.

Selanjutnya kata Atep pihaknya mengapresiasi yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Subang baik Bupati maupun Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang telah mewajibakan pendaftaran SMP dengan melampirkan ijazah Diniyah. Kata dia membuktikan hal tersebut sebagai bentuk perhatian pada pembangunan manusia dengan nilai-niai keagamaan.

Hal senada dikatakan Kepala Pendidikan da Kebudayaan, Suwarna, dengan mengikuti pendidikan Diniyah bisa melengkapi pembangunan karakter dengan nilai-nilai agama. "Jadi lebih lengkap lagi pendidikan karakternya (dengan nilai-nilai keagamaan)," katanya.

Karena pendidikan di Diniyah pun kata dia seiring sejalan. "Itu jelas bisa saling melengkapi," imbuhnya.

Hal yang sama dikatakan Kepala Kementerian Agama Kabupatén Subang, Abdurahim dengan mewajibkan melampirkan ijazah diniyah Takmiliyah. Dalam rangka penguatan pendidikan agama. Dia melihat perkembangan pendidikan keagamaan cukup baik.

Zaenal Asikin DPW FKDT Jawa Barat. Mengagumi akan semangat para santri yang akan diwisuda. Ditengah keterbatasan yang ada tetapi suasana semangat begitu terpancar. "Walaupun keterbatasan tetap semangat inilah calon-calon mujahid Indonesia," ujarnya.
Pada kesempatan ini diwisuda sebanyak 9.722 wisudawan Madrasah Diniyah, Takmiliyah Awaliyah (MDTA). Prosesi wisuda dilakukan oleh Plt Bupati Subang, Ating Rusnatim secara simbolis kepada 30 Wisudawan/Wisudawati terbaik. Tema yang dusung ialah "Dengan Diniyah Takmiliyah Santri Akhlak Tepat, imtaq Kuat dan Karakter Dapat".
Dalam sambutannya, Ating menyampaikan bahwa pendidikan agama di Kabupaten Subang sejalan dengan Program Gapura Perak (Pendidikan Untuk Rakyat). "Kami selaku Pemerintah Kabupaten Subang menilaii pendidikan diniyah sangat penting untuk pembangunan manusia karena adanya pelajaran akhlak sesuai ajaran Islam yang mulia," katanya.
Berkaitan dengan menjelang Bulan Ramadhan pihaknya menyampaikan selamat dan memohon maaf atas segala kekurangan Pemerintah Kabupaten Subang yang belum maksimal dalam meberikan pelayanan. "Namun kami akan maksimal memberikan pelayanan," katanya.